Manfaat Bengkuang


Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan begkuang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, deman, eksim, dan wasir. Bengkoang mulanya berasal dari amerika tropika, kemudian menyebar keseluruh daerah tropika lainnya. Bengkoang bisa digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan padabagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam bengkoang dikupas kulitnya lalu dibuat sesuai selera lalu dimakan.

Khasiat bengkoang:

-          Mengatasi penyakit kulit. Biji bengkoang dan belerang ( masing- masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

-          Jika mengidap diabetes. Satu atau dua bengkoang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.

-          Sebagai obat deman. Umbi nbengkoang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung lakukan secara rutin 4 kali seminggu.

-          Mengatasi wasir satu buah bengkoang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.

Bengkoang memiliki sifat kimia dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptic dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal dikulit, selain itu lulur begkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.

Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenone, vitamin B1 dan C. campuran jeruk nipis dalam lulur bengkoang menyegarkan kulit, dan olive oilnya melembahkan ( pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat kita. Umbi tanaman bengkoang bisadimakan segar, dibuat rujak, ataupun asinan. Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkoang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, deman,eksim, sariawan dan wasir :-)

About these ads

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    intanps said,

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya

    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/

    ditunggu ya ^^


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.