Vegetarian Organik


Tak ada orang yang tak mau hidup sehat.Dengan pola hidup teratur,makan-makanan yang sederhana dan organik,serta berolahraga hal itu bisa terpenuhi.Hingga sekarang masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan organik.Banyak juga yang mendefinisikannya sebagai makanan segar tanpa bahan kimia dan pestisida.Namun,banyak juga yang menganggap makanan jenis ini adalah makanan khusus orang-orang yang ”gila”kembali ke alam.Vegetarian organik adalah merupakan semua jenis produk olahan baik itu makanan dan minumannya berasal dari sumber alami tanpa mengunakan bahan kimia.

Sayuran organik sdh banyak kita jumpai di supermarket,tetapi harganya relatif lebih mahal karena waktu perawatan tanaman itu yang harus di jaga,di beri pupuk kompos organik agar hasilnya tanaman tetap alami..Memasak sayuran organik yang sehat adalah tanpa mengunakan teplon,aluminium dan microwave,hanya mengunakan stainless,tidak mengunakan minyak trans fat,tetapi pakai minyak anggur atau zaitun,dan tanpa mengunakan MSG FREE,mengunakan bumbu bubuk jamur vegetarian.Sampai saat ini masih belum banyak yang menyediakan vegetarian organik,tetapi bila restoran vegetarian non organik sudah ada di berbagai kota di indonesia.Tetapi kita sendiri bisa memulainya dari membeli sayur organik kemudian di masak/diolah sesuai dengan selera kebutuhan menu sehari-hari yang seimbang sehat dan tentunya bergizi tinggi.Untuk mendapatkan kualitas zat gizi yang lebig tinggi dari makanan kita,wajar bila harganya lebih tinggi.Bila kita hanya melihat harga yang murah saja,dalam jangka panjang sebetulnya kita membayar lebih mahal karena:

1.Masalah kesehatan dan biaya yang di perlukan untuk memperbaikinya.

2.Meningkatkan harga komoditas,yang disebabkan oleh kelangkaan barang jangka panjang karena kerusakan tanah pertanian.

Vegetarian organik adalah vegetarian yang makanannya berkualitas tinggi,di lihat dari segi bahan,pengolahan,peralatan masak,bumbu organik,sayuran dan buah.Vegetarian organik memang mahal tetapi banyak manfaatnya.

Tips Cara Masak Yang Memenuhi Kesehatan:

1.Tiriskan minyak sebanyak mungkin sebelum memasak dan sesudah memasak sayur.

2.Sedapat mungkin hindari menggoreng.Lebih baik direbus atau ditim.

3.Ganti garam dengan sayuran dan bumbu-bumbuan agar makanan terasa enak.Coba tambahkan air jeruk nipis pada beberapa hidangan.

4.Hindari penggunaan zat warna buatan,natrium nitrit,dan pemanis buatan.

5.Kurangi lemak jenuh dari keju,minyak palm,kolesterol dari telor dan hati.Lemak jenuh dan kolesterol tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.Kadar kolesterol darah bagi yang muda sebaiknya sekitar 160 mg/dl dan bagi yang lebih tua sebaiknya sekitar 200 mg/dl.

6.Untuk snack(camilan) gunakan buah sebagai pengganti kue-kue yang manis.Hindari snack bila dekat jam makan.

7.Hindarilah makanan yang diolah.

Rahasia cara makan yang sehat adalah makan yang bervariasi dengan proporsi yang tepat dan cara memasak yang benar.Hidup serasi dengan vegetarian organik atau hidup cara alami juga dalam hal makanan dan minuman sebagai bagian dari gaya hidup merupakan salah satu kiat untuk mempertahankan derajat kesehatan yang baik sehingga kita bisa menikmati masa usia lanjut dengan ceria.Agar mengetahui kesehatannya,seseorang harus secara berkala memeriksa: denyut jantung/nadi,tingkat kolesterol,berat badan,warna kulit,mata,nafas,fases,dan kuku 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s