10 Langkah Mudah Menjadi Vegetarian


Untuk alasan kesehatan,hak-hak hewan,politik atau alasan apapun,seharusnya membuat kita mulai memikirkan untuk memulai bervegetaris.Ada beberapa cara untuk melakukannya atau setidaknya mempertimbangkannya.

1.BACALAH! Lakukan penelitian,cari bukti dan biarkan fakta yang bicara.Bacalah buku John Robbin ”Diet for A New Amerika ” ( pola makan baru untuk Amerika ) dan Anda akan mengetahui kisah tentang protein ( vegetarian tidak akan kekurangan protein) dan kalsium (yang belum tentu menyehatkan), dan kisah lainnya.Banyaklah membaca.Pengetahuan adalah kekuatan.

2.PIKIRKAN! Berpikirlah tentang hewan-hewan,tentang tubuh anda.Berpikirlah tentang bumi ini.Dan kalau belum cukup,pikirlah apa pengaruh makanan Anda terhadap orang di sekitar anda dan terhadap bumi.Tidak perlu membuat keputusan,beri diri Anda dan waktu yang cukup untuk mempertimbangkan semuanya.

3.BICARA! Berbicaralah pada vegetarian.Berbicaralah pada yang bukan vegetarian.Bertanyalah.Bertukar pikiran dengan meraka dan bergabunglah dengan sebuah organisasi vegetarian.Atau bentuk sebuah organisasi.Dijamin anda akan mendapat banyak masukkan.Lalu cobalah BERPIKIR kembali.

4.BUAT TARGET! Jadikan seperti sebuah permainan.Bertaruhlah dengan teman Anda bahwa Anda bisa tidak ke McDonald selama sebulan atau selama dua minggu tidak menyentuh ikan atau ayam.Kalau Anda menang,hadiahkan diri Anda seporsi makanan vegetarian yang enak atau hadiah lainnya.Menetapkan target bisa merupakan suatu hal  yang serius atau hal yang mengasyikan,tergantung sikap Anda.

5.Masak! Belajar memasak sesuatu yang baru pasti mengasyikkan.Ikutilah kelompok memasak.Pelajari buku-buku masakan.Coba resep baru dari teman.Lakukan percobaan.Kreatifkan diri Anda.Anggaplah hal ini menyenangkan.Makan tanpa daging bukan hanya mungkin dilakukan,tapi sangat mungkin.

6.MAKANLAH! Jadikan waktu makan Anda suatu momen yang istimewa.Duduklah.Bisa juga dengan porselin antik cina.Putar musik atau lagu yang merdu(jangan nyalakan TV atau sambil baca buku).Sebelum mulai makan,berdoalah terlebih dahulu.Bersyukur pada Tuhan atas rahmat yang diberikanNya kepada kita,saat makan,kunyahlah perlahan-lahan dan rasakan setiap kunyahan.Resapi rasanya.Rasakan sensasinya.

7.DENGARKAN! Sadari apa yang dibutuhkan tubuh Anda.Istilahatlah saat tubuh merasa capek.Makanlah kalau merasa lapar.Perhatikan reaksi tubuh Anda,makanan mana yang memberikan rasa nyaman,mana yang tidak.Ketahuilah bahwa makanan mempengaruhi energi,gairah,emosi,konsetrasi,dan kenyamanan tidur Anda.Hargai tubuh Anda.Pelajari hubungan antara apa yang Anda masukan ke dalam tubuh dengan apa yang terjadi pada tubuh.

8.COBA SESUATU YANG BARU! Cobalah gaya hidup yang berbeda.Berpikir cepat.Beralihlah pada sari buah.Pelajarilah makanan yang dimakan mentah.Lakukan olahraga yang baru.Mulailah membuat catatan harian atau pelajari satu bahasa asing.Apa pun yang membuat Anda tertarik,cobalah”mengubahnya sebagai vegetarian” dan rasakan bedanya.

9.PERSIAPAN DIRI! Anda mungkin mendapatkan rintangan dari teman atau keluarga.Bersiap-siaplah untuk menghadapinya.(Saat makan bersama keluarga mungkin akan membuat Anda sangat tertekan karena mengubah kebiasaan makan seseorang merupakan hal yang sulit).Kuatkan diri Anda,tapi jangan tunjukkan bahwa Andalah yang paling benar.Percaya diri.Persiapkan jawaban bagi keragu-raguan Anda sendiri.Apakah saya akan cukup gizi?Apakah melakukan sesuatu yang benar?Ini hal normal.Tenang saja,bicarakan pada teman Anda.Bentuk satu kelompok yang bisa saling membangkitkan semangat.Baca kembali buku Anda.Dan kalau Anda bisa mengurangi segala tekanan itu,rasakan bagaimana perasaan Anda,dan bangkitkan semangat kembali.Maklumilah diri Anda sebagai seorang manusia,dan berilah waktu untuk penyesuaikan.

10.RAYAKAN!n Catat tanggal kapan mulai tidak makan daging lagi.Rayakan hari tersebut.Bergembiralah dengan keputusan yang telah Anda buat.Kalau perlu,adakan pesta kecil.Beri hadiah pada diri Anda.Tapi sadarilah bahwa bervegetarian adalah proses yang terus berlanjut dan perjalanan ini sangat menyenangkan dan menggembirakan.

Jadi,apakah Anda memandangnya sebagai suatu gaya hidup,ajaran agama,atau kesehatan,vegetaris adalah konsep yang menarik dan indah.Selamat mencoba dan menikmati……. 🙂

1 Response so far »

  1. 1

    yunika Aurelia Rully ( Via ) said,

    that’s goog I want to do it now


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s