8 Manfaat Menjadi Vegetarian


Kesehatan adalah harta yang tak ternilai.Semua manusia mendambakan hidup sehat dan berumur panjang.Sudahkah Anda hidup secara sehat? Dari penelitian para ahli di ketahui bahwa pola makan merupakan faktor terpenting untuk hidup sehat.Bagaimana pola makan yang terbaik? Sejak tahun 1991 oleh PCRM ( The Phyician Committee For Responsible Medicine) dan ADA (Amerika Dietetic Association) di perkenalkan pola makan yang di sebut Kuartet Nabati yang terdiri dari : Padi-padian,sayur,buah,dan kacang-kacangan.Pola makan tersebut menjadi pedoman dasar diseluruh dunia untuk hidup sehat dan berumur panjang.

Tidak heran semakin lama semakin banyak orang yang beralih menjadi vegetarian.Selain alasan kesehatan,banyak alasan lain yang membuat seseorang menjadi vegetarian antara lain : Etika,spiritual,lingkungan hidup dan kelaparan dunia.Makanan vegetarian diketahui paling sesuai dengan bentuk anatomi manusia.Kebanyakan penyakit moderen adalah diakibatkan ketidakcocokan antara makanan yang di makan(dominan makanan hewani) dengan fisiologi tubuhnya.

Adapun manfaat vegetarian adalah sebagai berikut :

1.UMUR PANJANG ( LONGEVITY )

Banyak peneliti menunjukkan bahwa secara umum,seorang vegetarian bisa hidup 5 sampai 20 tahun lebih lama dari pada non vegetarian.Selain itu,mereka juga bisa memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik.

2.RESIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER RENDAH

Karena rendahnya kandungan lemak dan kolesterol pada makanan vegetarian,resiko penyakit jantung koroner menjadi rendah.Resiko kematian akibat serangan jantung pada vegetarian hanyalah setengah dibandingkan dengan masyarakat umum.

3.RESIKO PENYAKIT KANKER BERKURANG

Menjadi seorang vegetarian menurut British Medical Journal dapat mengurangi 50%-76% dari semua penyakit kanker.Kematian karena kanker banyak di hubungkan dengan kegemukan dan makanan yang berlemak tinggi dan berserat rendah dalam makanan hewani.Vitamin A dan C bisa melindungi dari kanker kolon.Diet makanan yang berlemak rendah bisa melindungi dari kanker prostat dan kanker payudara.

4.DAPAT MENCEGAH PENYAKIT DI USUS

Makanan vegetarian yang berserat tinggi akan memperlancar makanan melalui sistem pencernaan sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan seperti Kanker usus,ambeien,diverticulosis,usus buntu,konstipasi dll.

5.MENGURANGI OSTEOPOROSIS

Konsumsi protein yang rendah dan lebih banyak vitamin D dan kalsium bisa mempertinggi densitas tulang pada vegetarian.Sedangkan makanan hewani dapat meningkatkan resiko osteoporosis dan rematik.

6.MENGHINDARI OBESITAS

Makanan vegetarian yang rendah lemak dan kaya serat akan mengurangi resiko terjadinya obesitas.Dengan demikian resiko penyakit lain juga akan menurun.

7.MENCEGAH DAN MENGOBATI HIPERTENSI

Makanan vegetarian yang kaya dengan kalium seperti : Pisang,seledri,sayur hijau,tempe terbukti dapat menurunkan tekanan darah.Penelitian membuktikan tekanan darah orang yang bervegetarian rata-rata 110/70 mmHg.Bahkan penderita hipertensi yang mengubah dietnya menjadi vegetarian terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara berkala.

8.STAMINA (ENDURANCE)

Sumber yang paling baik untuk stamina adalah makanan yang berkarbohidrat.Makanan vegetarian kaya dengan karbohidrat sehingga menyediakan energi yang berlimpah untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk kesehatan dan hidup yang lebih baik,beralihlah ke vegetarian 😉

1 Response so far »

  1. 1

    Hendra said,

    Baru! Daftar Restaurant Vegan dan Vegetarian di Bandung-INDONESIA:

    MOEY Resto
    Jalan Pajagalan No. 81, Bandung, INDONESIA.
    http://moey-snackresto.blogspot.com/
    022-92990202, 022-91888830


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s