Vegetarian Makanan Sehat Abad – 21


Umumnya, jika seseorang bermaksud bervegetarian sampai akhir hayatnya, padahal sejak kecil sudah terbiasa dengan makanan berdaging. Kesungguhan ingin bervegetarian ini tanpa memperhatikan apakah keinginannya berdasarkan pengaruh ajaran suatu agama, atau timbul dari kesadarannya sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengenai perubahan menu makanan hendaknya berlangsung secara tahap demi tahap untuk menyesuaikan diri, yaitu pada permulaannya harus mengurangi jumlah makanan berdaging, kemudian berangsur-angsur dialihkan kepada makanan tanpa daging. Peralihan ini hendaknya berlangsung secara bertahap dalam jangka waktu beberapa bulan sesuai dengan kesanggupan seseorang. Saya sendiri  juga sama awal mula-mulanya juga sangat sulit untuk menjadi seorang vegetarian ini semua akibat keenakan makan daging, tapi saya tetap bertekad dan berusaha untuk menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan dan merasakan bahwa betapa kasihan pada makhluk hidup dibunuh oleh kita.

Ditinjau dari kemampuan seseorang untuk menjadi vegetarian dan dari tahapan peralihan makanan berdaging ke makanan vegetarian, maka terdapat beberapa jenis vegetarian yang dapat dipilihnya yaitu :

1. Semi Vegetarian, ialah orang yang hanya memakan daging pada waktu menghadiri suatu pesta atau pertemuan.

2. Vegetarian sebagian (Partial Vegetarian), ialah orang yang tidak memakan daging merah (red meat) yang berasal dari hewan mamalia seperti lembu, kambing, dan babi, tetapi memakan ikan,ayam, telur dan susu, disamping sayur-mayur, kacang-kacangan dan makanan nabati lainnya.

3. Lacto Ovo Vegetarian (Latin: Lacto = susu, Ovo = telur), ialah orang yang tidak makan daging dari jenis hewan apa pun juga, termasuk tidak makan daging ikan, tetapi memakan telur, mengkonsumsi susu, dan hasil produk susu, disamping sayur-mayur, kacang-kacangan, padi-padian, buah-buahan, dan hasil nabati lainnya. Jenis ini juga disebut Lactovarian.

4. Lacto Vegetarian, ialah orang yang tidak memakan segala jenis daging hewan, ikan, dan telur, tetapi mengkonsumsi susu dan hasil produk susu, disamping sayur-mayur, kacang-kacangan, padi-padian, buah-buahan, dan hasil nabati lainnya. Jenis ini juga disebut Lactarian.

5. Total Vegetarian / Vegetarian murni (Vegan/Strict Vegetarian), ialah orang yang sama sekali tidak memakan segala jenis daging hewan, ikan, telur, susu dan hasil produk susu, bahkan tidak memakai produk yang diolah dari tubuh hewan, misalnya apa saja yang terbuat dari kulit hewan. Mereka hanya memakan sayur-mayur, kacang-kacangan, padi-padian, buah-buahan dan hasil nabati lainnya. Untuk mengganti susu hewan, mereka meminum susu kacang kedelai. Jenis ini juga disebut Fruitarian, karena menurut anggapan mereka hasil nabati adalah buah-buahan dari bumi(fruits of the earth).

Makanan vegetarian sangat erat dengan pencegahan penyakit kanker. Pada tahun 1981 ahli Epidemiologi terkenal, Richard Doll dan Richard Peto, mengatakan bahwa tidak semua penyebab kanker dapat diketahui dan dicegah, namun dari hasil penelitian terbukti bahwa beberapa penyebab kanker dapat diketahui dan dicegah. Faktor-faktor penyebab kanker yaitu makanan, rokok, infeksi, prilaku sexual & reproduktif, pekerjaan, minuman alkohol, faktor geografis, polusi, bahan tambahan untuk makanan (food additives), produk industri, dan obat-obatan & produk obat-obatan. Makanan merupakan faktor utama penyebab kanker. Oleh sebab itu sebaliknya memilih makanan yang sedapat mungkin mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Hubungan makanan dengan kanker, bakteri-bakteri dalam usus bereaksi dengan asam empedu (deoxycholic acid) dan menghasilkan zat karsinogen (penyebab kanker). Di Amerika, kanker kolon merupakan penyakit kanker populer ke dua setelah kanker paru-paru yang diakibatkan oleh asap rokok. Dari penemuan ini diketahui terjadinya insiden kanker kolon sangat erat hubungannya dengan konsumsi daging yang banyak, terutama di negara-negara Eropa dan Amerika yang terkenal dengan daging lembu sebagai makanan utamanya. Berbeda dengan negara yang makanan utamanya bukan daging seperti India, jarang terdapat penyakit demikian. Menurut data statistik, semakin banyak mengkonsumsi daging, maka semakin banyak pula kesempatan terjadinya insiden kanker.

Ada kira-kira 200 jenis kanker dengan sifat yang berbeda-beda. Pertumbuhan sel kanker tidak bisa dikendalikan, sedangkan sel sehat mempunyai fungsi tertentu dan tempatnya di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik, berlainan dengan sel kanker yang lepas dari sistem pengontrolan tubuh dan mempunyai karakter yang bebas. Sifat demikian diturunkan kepada generasi berikut. Sel kanker bagaikan penjahat yang tidak menghiraukan peraturan pemerintah. Mereka (kanker) seenaknya menggerogoti tubuh. Selama sel kanker masih menempati organ yang dihuninya semula, maka penyakitnya disebut kanker stadium 1. Kanker stadium 2, meskipun masih terbatas pada organ yang semula tetapi sel-selnya sudah berusaha menyebar ke kelenjar getah bening yang terdekat. Kanker stadium 3 yaitu bilamana sel kanker sudah menjalar ke jaringan yang terdekat. Kemudian Kanker stadium 4 adalah ketika gumpalan sel-sel kanker sudah masuk ke dalam peredaran darah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Penyebaran ini dinamakan metastasis.

Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, kesehatan, dan gizi makanan serta hasil penelitian ilmiah, sebagian ahli kesehatan menemukan bahwa penyakit kronis yang mematikan justru diderita oleh orang yang kelebihan gizi. Kesimpulan yang dapat diambil ialah bahwa untuk hidup sehat, sedapat mungkin memulainya dari faktor makanan yaitu memilih makanan vegetarian sehat di abad 21 ini sesuai dengan keadaaan fisiologis anatomi tubuh. Makanan nabati yang sempurna merupakan alternatif yang baik bagi tercapainya keseimbangan gizi, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan yang lestari dalam jangka waktu yang panjang. Akhirnya, kesadaran dan kebijaksaaanlah yang akan mendorong manusia untuk mengambil langkah tepat untuk bervegetarian  😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s