Vitamin B12 dan Folat


Vitamin B12 adalah anggota vitamin B kompleks. Vitamin ini unik di antara semua gizi karena merupakan produk sintesis bakteri dan terhadap terutama pada daging,telur dan air susu. Berbagai penelitian terhadap sumber nabati vitamin B12 telah dilakukan. Produk fermentasi kacang kedelai (contohnya tempe,miso),rumput laut dan alga seperti spirulina ditemukan mengandung sejumlah vitamin B12. Penelitian lanjut masih diperlukan untuk menentukan jika vitamin B12 yang berasal dari sumber nabati dapat digunakan tubuh. Sementara ini, konsensus nutrisi menetapkan sumber nabati belum bisa dianggap sumber yang dapat memenuhi kecukupan vitamin B12.

Meskipun vitamin B12 umumnya dijumpai pada produk hewani tetapi kekurangan vitamin B12 sangat jarang terjadi pada populasi vegetarian. Karena vegetarian dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 dari air susu, keju, dan telur rebus. Kadar vitamin B12 dalam yoghurt umumnya sudah sangat menurun akibat kerusakan vitamin oleh proses fermentasi. Begitu pula air susu  yang dimasak akan merusak vitamin B12. Untuk kaum vegan yang sama sekali tidak mengkonsumsi produk hewani. Dr.Michael Klaper mengajurkan suplemen vitamin B12 non-hewani(misalnya produk Blackmores dan Natures Own) sebanyak tiga kali seminggu. Tetapi jika vegan secara teratur mengkonsumsi makanan yang diperkaya vitamin B12 maka suplemen tidak dibutuhkan lagi. Misalnya ekstrak ragi, TVP, sereal sarapan pagi, margarin, air kedelai.

Vitamin B12 berfungsi sebagai pembantu enzim atau dikenal sebagai ko-enzim. Ko-enzim merupakan molekul kecil yang dapat mengaktifkan fungsi enzimatis protein. Dalam hal ini vitamin B12 menjalankan peranan pembentukan sel darah merah. Jika makanan sehari-hari praktis tidak mengandung vitamin B12 dan terjadi kegagalan penyerapan kembali maka dalam waktu tiga tahun saja tubuh sudah menampakkan simptom kekurangan vitamin. Pada kasus yang sama tetapi jika proses penyerapan kembali bekerja dengan baik,maka simptom kekurangan vitamin baru akan terjadi 20 tahun kemudian. Namun dengan pola makan yang baik, sangat jarang terjadi makanan yang tidak mengandung vitamin B12 sama sekali. Bagi yang sudah bervegetaris jangan lupa mengkonsumsi tahu dan tempe agar tidak kekurangan vitamin B12  🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s