Makanan Vegetarian Cukup Memenuhi Kebutuhan Gizi


Vegetarian sudah ada sejak permulaan sejarah manusia. Adam dan Hawa termasuk orang yang vegetarian. Banyak orang kuatir bahwa jika mereka berhenti makan daging dan ikan, mereka akan berada dalam bahaya kekurangan beberapa gizi yang penting sehingga merasa lemah. Tapi anggapan ini salah, karena semua gizi yang Anda perlukan dengan mudah diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Selama mengkonsumsi beberapa variasi makanan dari tumbuhan dengan jumlah yang cukup, maka vegetarian merupakan suatu pola makanan yang sangat menyehatkan. Malahan, banyak penelitian menunjukan bahwa dalam banyak aspek, makanan vegetarian jauh lebih sehat dari pada makanan yang biasa dimakan oleh pemakan daging.

Menurut USA Today, sebuah koran harian di Amerika Serikat, American Dietetic Association dan pemerintah Amerika Serikat (federal government) mengakui bahwa makanan vegetarian mengandung gizi yang cukup. Malahan menurut beberapa penelitian, vegetarian mendapatkan jauh lebih banyak gizi dari pada seorang non-vegetarian.Tubuh memerlukan : Karbohidrat, protein, lemak(termasuk minyak), vitamin dan mineral, serta serat dan air. Semua ini bisa dengan mudah didapatkan oleh seorang vegetarian dari sumber nabati. Sesungguhnya vegetarian merupakan pola hidup sehat. Menu vegetarian umumnya kaya vitamin dan serat serta rendah lemak, dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kencing manis, kanker, liver, katarak, stroke dan lain-lain. Pada tahun 1991 The Physician Committee for Responsible Medicine (PCRM) yang didukung oleh American Dietetic Association juga mencetuskan diet empat sehat atau The New Four Group yang kemudian dikenal sebagai Kuartet Nabati dan banyak dipakai oleh vegetarian. Empat unsur itu adalah biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan. Empat sehat ini yang merupakan no-cholesterol & low fat diet, bisa memenuhi semua kebutuhan gizi per hari dari seorang dewasa.

Menu vegetarian : Kelompok nasi, roti, cereal dan pasta 6-11 porsi per hari, nasi atau pasta- 1/2 gelas, roti- 1 potong, cereal- 1/2 gelas. Kelompok sayuran 3-5 porsi per hari, sayur masak atau mentah (dipotong)- 1/2 gelas, sayur mentah berdaun — 1 gelas. Kelompok buha-buahan 2-4 porsi per hari, jus — 3/4 gelas, buah kering– 1/4 gelas, buah segar yang dipotong — 1/2 gelas, buah kaleng — 1/2 gelas, 1 buah ukuran medium seperti pisang, jeruk dan mangga. Kelompok kacang-kacangan, biji-bijian & telur 2-3 porsi per hari, susu kedelai– 1 gelas, kacang merah– 1/2 gelas, 1 atau 2 putih telur, biji-bijian/kacang tanah — 2 sdm, tahu/tempe — 1/4 gelas. Kelompok susu, yogurt dan keju 0-3 porsi per hari, susu — 1 gelas, yogurt — 1 gelas, untuk vegetarian murni bisa mengganti susu & produknya dengan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kelompok lemak, minyak dan gula, gunakan dalam jumlah sedikit seperti mentega, minyak goreng dan gula.

Makanan vegetarian telah terbukti sebagai makanan yang terbaik untuk dikonsumsi oleh manusia. Vegetarian berdampak triple yaitu mencegah kekurangan gizi, menghindari kelebihan kalori yang akhirnya menyebabkan obesitas dengan segala akibat negatifnya, dan yang terakhir adalah berpotensi besar untuk alternatif terapi bermacam-macam penyakit degeneratif dan kanker, oleh karena makanan nabati mengandung banyak phytochemical. Marilah kita kembali kepada makanan orisinil yang disediakan oleh Tuhan sejak semula. Seorang pemimpin wanita yaitu Ellen G. White mengatakan bahwa kalau kita biasa mengorbankan hewan untuk dikonsumsi, maka sifat – sifat kita bisa menyerupai sifat kebinatangan yang buas dan tidak peduli sesama manusia serta tidak peka terhadap lingkungan hidup kita. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s