Nutrisi Tumbuhan Vegetarian


Semakin banyak orang yang memilih untuk mengurangi pemakaian produk-produk hewani dengan alasan yang beragam, mulai dari menekan konsumsi lemak hewani untuk mengurangi resiko penyakit jantung, menolak kekejaman sistem peternakan, hingga keinginan untuk hidup lebih harmonis dan ramah lingkungan dengan berpindah ke pola makan nabati yang memerlukan lebih sedikit lahan dan air dalam proses produksinya. Apapun alasannya untuk berpindah ke pola makan yang lebih nabati, pengetahuan mengenai bagaimana menggunakan tumbuhan sebagai sumber makanan untuk hidup sehat sangat penting, membuat pilihan-pilihan yang tepat dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan depresi tanpa harus mengikuti diet ketat, mengkonsumsi eksotis atau suplemen-suplemen mahal. Kunci Utama. Aktivitas fisik sangat vital bagi kesehatan, terutama untuk membangun dan memelihara otot serta tulang dan menghindari melebarnya lingkar pinggang. Cobalah bergerak aktif selama minimal satu jam dalam sehari, dengan melakukan beberapa aktivitas yang berbeda. Pilihlah makanan yang dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan yang sehat. Kandungan serat yang tinggi dan makanan rendah kalori seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian serta legum yang direbus atau kecambah sangat membantu dalam mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Makanan seperti minyak, kacang-kacangan, alpukat dan buah-buahan kering dapat membantu menghindari pengurangan berat badan yang tidak diinginkan.

Konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna terang, termasuk sayuran berdaun hijau. Konsumsilah beraneka ragam makanan utuh. Batasi penggunaan makanan yang telah diproses (olahan pabrik), terutama yang mengandung kadar garam, gula, dan tepung yang tinggi. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Batasi pula makanan yang digoreng (deep fried). Konsumsilah paling tidak 3 mikrogram vitamin B12 setiap hari dari makanan hasil fortifikasi atau suplemen. Pilihlah sumber lemak yang mengandung lemak tak jenuh (monounsaturated fat), seperti minyak zaitun, minyak canola (rapeseed oil), alpukat, kacang mete, kacang hazelnut, kacang macadamia, dan almond. Konsumsilah sumber-sumber lemak omega-3, seperti 1 sendok makan ground flaxseed atau 2 sendok makan minyak canola (rapeseed oil) setiap hari. Maka Anda tidak akan kekurangan nutrisi berbasis vegetarian 🙂

Iklan

1 Response so far »

  1. 1

    kistian said,

    Blognya bagus bgt. trmksh sdh dtg di blog saya.
    smg sukses.
    slm.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s