Menjaga Berat Badan Yang Sehat Dan Seimbang


Berat badan yang sehat sangat bervariasi, tergantung pada tinggi dan bentuk badan seseorang. Index massa tubuh atau yang lebih dikenal sebagai BMI (Body Mass Index) adalah berat badan Anda dalam kilogram dibagi dua kali tinggi Anda dalam meter, dan digunakan untuk menentukan rekomendasi asupan gizi Anda berdasarkan tinggi badan Anda. BMI di atas 25 digolongkan sebagai kelebihan berat badan (overweight) sedangkan BMI di atas 30 masuk ke dalam katergori kegemukan atau obesitas. Obesitas yang muncul mulai dari usia menengah dapat mengurangi umur sebanyak hampir 10 tahun – dapat disamakan dengan efek dari menghisap 20 batang rokok sehari. Di negara-negara maju, makanan selalu tersedia dengan mudah dan seringkali diproses agar lebih menarik dan mudah dikonsumsi. Minuman ringan (softdrink) adalah salah satu contohnya : mereka dapat mengkonsumsi semudah air, tetapi dapat merangsang indera perasa dan penuh dengan kalori. Makanan seperti gula-gula, donat, kentang goreng, dan minuman ringan mampu membuat kita menumpuk kalori dengan mudah dalam waktu singkat, tanpa mengisi perut kita dan bahkan tanpa memberi waktu yang cukup bagi tubuh untuk menghentikan sinyal lapar sehingga kita tidak berhenti makan. Bukanlah hal yang mengherankan jika sangat banyak dari kita yang mengalami pertambahan berat badan yang tidak dibutuhkan maupun diinginkan. Walaupun demikian, kita dapat memutarbalikkan trend ini dengan mengubah perilaku dan pola makan kita sehingga tingkat rasa lapar kita dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Pastikan untuk mengkonsumsi cukup yodium, misalnya dengan menambahkan sedikit rumput laut ke dalam makanan (10 hingga 30 gram per hari). Berjemurlah di sinar matahari tanpa krim matahari selama paling tidak 15 menit. Jika hal ini tidak memungkinkan, konsumsilah 10 hingga 20 mikrogram vitamin D2 setiap harinya. Konsumsilah paling tidak 500 mg kalsium setiap hari dari sumber-sumber alami maupun makanan terfortifikasi. Batasi konsumsi garam dengan cara menggunakan garam rendah natrium sebagai  garam meja dan garam dapur. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti kembang kol, pabrika, sayuran berdaun hijau, jeruk atau kiwi dengan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk meningkatkan daya serap tubuh terhadap mineral. Para penganut pola makan mentah (raw diet) sebaiknya mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan kecambah untuk meningkatkan kadar protein dan mineral, serta makanan yang tinggi lemak untuk menjaga berat badan yang sehat dan ideal. Mencoba berbagai macam bahan dan resep masakan dari seluruh dunia adalah salah satu cara menambah kenikmatan pola makan sehat Anda. Untuk memenuhi kebutuhan diet yang sehat dan pemenuhan mineral yang penting bagi tubuh, pastikanlah bahwa dalam satu hari Anda mendapatkan : 5 hingga 10 mikrogram vitamin B12, 10 hingga 20 mikrogram vitamin D, 100 hingga 150 mikrogram yodium, dan 50 hingga 100 mikrogram selenium. Bagi anak-anak di bawah umur 12 tahun, kebutuhan mereka adalah setengah dari angka-angka tersebut. Alasan-alasan di balik angka rekomendasi di atas serta cara-cara mudah dan murah untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda plus jawaban atas pertanyaan umum mengenai pola makan vegetarian dan vegan, dapat Anda temukan di dalam blog wisnu  ini. 🙂

Iklan

15 Tanggapan so far »

  1. 1

    Red said,

    blognya mantap ! saya juga vegan . go vegan !

  2. 2

    citromduro said,

    mantabs dengan topik yang menarik
    salam dari pamekasan madura

  3. 3

    GusPur said,

    Kalau saya bukan vegan tapi mah seharusnya banyak makan sayur dan buah je!
    Oya trims tlah mampir diblog saya……….

  4. 4

    kupuungu said,

    nice posting ^^ thanks yah,,

  5. 5

    Kakaakin said,

    *kunjungan balik*
    Wah… saya sih masih sulit menjaga berat badan…
    Makan buah cuma yang lagi tersedia di rumah aja 🙂
    Btw, cuma mau ngasih saran… gimana kalo tulisannya dibagi2 lagi dalam beberapa paragraf, karena paragraf panjang agak susah dan kurang menarik untuk dibaca 🙂

  6. 6

    Porsi yang benar akan menyehatkan dan berlebihan itu tidak baik….Salam kenal 🙂

  7. 7

    Arya Utama said,

    Hidup sehat dengan Vegetarian . . . . Manteb blognya

  8. 8

    indahkasihku said,

    Indah peminat buahan dan sayuran tetapi bukan Vegan. Jarang makan nasi hal ini dilakukan untuk menjaga kesihatan diri agar sentiasa segar dan aktif. terima kasih atas informasi sehat yang dikongsikan.

    Salam kenal dari Indahkasihku.

  9. 9

    H.Indra said,

    Wah,…blog ini sehat banget,mas Wisnu,Selamat berkarya terus !

  10. 10

    Saipuddin said,

    kalo saya malah mau gemuk.
    tips biar bisa jadi gemuk apa ya…

  11. 11

    Liie.fivers said,

    waduch ..
    jaga berat badan yach . ??
    saya masih belum bisa jaga berat badan .
    slalu turun naik berat badan saya tiap bulannya

  12. 12

    achoey said,

    salut buat cara hidup yang sehat

  13. 13

    dwiewulan said,

    kunjungan balik…
    memang sedang belajar perbanyak makan buah dan sayur sekaligus kurangi makanan berlemak…
    lumayan 4 bulan ini turun 6 kg…
    tp ndak perlu vegetarian sih… hehe
    btw tx….

  14. 14

    tuxlin said,

    kunjungan balik… wah ini yang punya blog vegetarian yah?? slam kenal 🙂

  15. 15

    andaners said,

    matap,,,
    untung deh Body Mass Index saya masih normal.. hehe,,,
    makin semangat makan sayur dan buah nih,,,


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s