Mengurangi dan Menambah Berat Badan Ideal


Tidaklah mengherankan juga bahwa kaum vegetarian di negara-negara maju memiliki berat badan yang lebih sehat dengan BMI rata-rata 2 unit atau sekitar 6 kilogram lebih ringan dibandingkan pemakan daging – salah satu keuntungan yang cukup signifikan dalam perang melawan tumpukan lemak. Hal ini juga berarti berkurangnya resiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Walaupun sekelompok orang menganut pola makan yang sama, BMI mereka bisa jadi sangat beragam. Oleh karena itu, pola makan harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing-masing individu. Aktivitas fisik adalah sentral dalam menjaga berat badan yang ideal. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggabungkannya dengan aktivitas yang perlu dan ingin kita laksanakan daripada hanya dilakukan sebagai olahraga. Tuntutlah diri Anda untuk menjadi aktif paling tidak satu jam sehari, idealnya aktivitas ini termasuk aktivitas-aktivitas yang Anda gemari. Berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, dan latihan beban adalah pilihan yang baik, keberagaman selalu membawa kesenangan dalam hidup.
Bila BMI Anda di atas 25 dan Anda memang tidak berpostur tinggi besar, kurangi kepadatan kalori makanan Anda dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur yang tinggi kandungan air dan serat. Batasi makanan tinggi kalori dengan mengurangi stok makanan tersebut dari rumah Anda. Jeruk, apel, dan buah-buahan serupa dapat menjadi makanan ringan yang baik. Banyak makanan yang dirancang untuk mengakibatkan ketagihan begitu dikonsumsi. Cara terbaik untuk membatasinya adalah dengan memilih secara seksama sewaktu Anda berbelanja di supermarket daripada dengan menggunakan niat dan tekad saat Anda sudah berada di rumah. Kunci untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan adalah dengan memilih makanan yang rendah kalori dan tinggi serat, jagalah konsistensi terhadap karakteristik makanan bersumber nabati yang membentuk inti dari pola makan alami kita. Sebagian orang secara alami cenderung terlalu kurus, dan hal ini juga tidak sehat. Orang yang underweight dianjurkan mengkonsumsi makanan yang lebih padat kalori, memastikan mereka memiliki stok makanan yang cukup sehingga memudahkan ketika lapar, dan meluangkan waktu yang cukup untuk makan. Kacang-kacangan, pisang, dan buah-buahan kering adalah makanan ringan yang baik untuk golongan ini. Akan tetapi, aktivitas fisik tidak boleh dihindari, karena aktivitas memberi banyak keuntungan dan dapat membantu pembentukan tulang dan otot. Kesimpulannya adalah tetaplah aktif, jadikanlah sayur dan buah sebagai bagian dari pola makan Anda, dan aturlah asupan kalori Anda untuk mencukupi kebutuhan Anda. 🙂

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    zamrinata said,

    mz.mau tanya..
    aq ne kan atlet, lha kadang permasalahan q tuh tiap ada kejuaraan pas waktu peimbangan berat badan..
    kadang kelas yang aq masuk ki diatas atau dibawah aq, jadi berat badan q kadang masih over ( alias kelebihan dari kelas ), atau bisa saja under ( kurang dari berat mestinya..)..
    nah waktu untuk menaikkan atau menurunkan berat badan q agar masuk di kelas tu kadang gak kurang dari 1minggu tok..
    nah, aq minta tips atau sarannya nih maz mungkin soal makanan..untuk menaikkan khususnya atau menurunkan berat badan sekitar 2kg an dalam waktu gak lebih dari beebrapa hari tu yang aman” gmana y maz..??

  2. 2

    muaniz said,

    Thanks udah berkunjung di blog saya…
    Salam balik dari saya..

    http://muaniz.wordpress.com/


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s