Sayuran Hijau Obat Menyembuhkan Penyakit


Setiap orang harus mengkonsumsi buah dan sayur berwarna terang yang bervariasi. Banyak sumber folat, vitamin C, karoten, dan berbagai zat pelindung yang berguna bagi kesehatan. Berbagai studi membuktikan bahwa meningkatnya konsumsi sayur dan buah menurunkan angka kematian. Buah dan sayur juga dikaitkan dengan berkurangnya resiko kanker, penyakit jantung, dementia, kebutaan, dan merupakan bagian dari pola makan yang menarik dan menstimulasi. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang cukup untuk memaksimalkan potensi hidup sehat hingga usia lanjut, paling tidak 450 gram sehari dari sumber-sumber yang beranekaragam. Sayuran berdaun hijau, brokoli, pabrika, tomat, jeruk, wortel, ubi jalar, bit, ceri, plum, dan buah beri adalah contoh yang paling baik. Sayur dan buah-buahan ini adalah bagian dari inti pola makan alami kita dan selayaknya dikembalikan ke pusat pola makan modern kita saat ini. Sangat disayangkan bahwa sayur dan buah yang kurang berwarna-warni seperti kentang dan pisang yang kaya akan kalium dan nutrien lainnya, tidak dikaitkan dengan semua keuntungan yang dapat diperoleh dari sayur dan buah yang berwarna. Oleh karena itu, makanan semacam ini tidak termasuk dalam asupan makanan yang dianjurkan, kentang goreng (French fries), atau bahkan kentang panggang (baked potato), tidak dapat menggantikan jeruk atau sayuran hijau.
Bahkan pil-pil vitamin dan ekstrak nutrien tidak dapat menggantikan variasi zat gizi alami yang disediakan oleh sayur dan buah-buahan berwarna dengan baik. Sayuran berdaun hijau dan brokoli memiliki karakteristik yang spesial, yaitu kandungan vitamin K yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan tulang. Wortel adalah sumber vtiamin A dalam bentuk beta karoten yang sangat baik, lezat, dan tidak mahal, serta lebih mudah diserap bila wortel telah dimasak atau dijadikan jus. Vitamin A siap jadi (retinol) dari produk hewani ataupun suplemen dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Jadikanlah sayur dan buah berwarna terang bagian dari pola makan Anda. Konsumsilah paling tidak 2 pon (900 gram) sayuran berdaun hijau atau brokoli dan 1 pon (450 gram) wortel setiap minggu. Buatlah makanan Anda berwarna-warni dan menarik, serta rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda. 😉

Iklan

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    roby said,

    hai, gmn dengan tomat yang dimakan langsung layaknya apel?

  2. 2

    berita19 said,

    Salam kenal..
    kunjungan balik sobat..

  3. 3

    hudaesce said,

    kayaknya saya harus makan buah2an hijau nih, 🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s