Protein dan Yodium


Protein

Banyak makanan nabati yang biasa dikonsumsi, seperti kentang atau gandum (oats), dapat memenuhi seluruh kebutuhan protein kita dalam tahap kehidupan apapun, bahkan bila mereka adalah satu-satunya makanan kita. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau dapat memberikan protein dalam jumlah yang lebih banyak dari yang kita butuhkan dan dapat mengkompensasi sumber lain yang lebih rendah kandungan proteinnya seperti dalam buah-buahan dan nasi. Kaum lansia dan para pe-diet yang ingin menurunkan berat badan sehingga harus membatasi kalori hendaknya memasukkan kacang-kacangan (termasuk produk-produk kacang kedelai) dan biji-bijian dalam jumlah sedang.

Yodium

Yodium yang cukup sangat penting untuk perkembangan mental bayi dan metabolisme yang baik seumur hidup. Kekurangan yodium telah terjadi masalah yang cukup besar di berbagai belahan dunia. Kadar yodium dalam tanah, terutama di area yang jauh dari pantai, seringkali terlalu rendah untuk dapat memberikan kadar kandungan yang cukup dalam tumbuhan. Orang dewasa membutuhkan sekitar 150 hingga 500 mikrogram yodium per hari sedangkan anak-anak hanya perlu setengah dari angka tersebut.

Kelebihan yodium dapat membawa dampak negatif  bagi sebagian orang. Beberapa Negara, termasuk indonesia, menambahkan yodium ke dalam garam dapur sedangkan negara lain seperti Inggris, bergantung pada yodium yang terdapat pada pakan ternak untuk meningkatkan kadar yodium dalam produk – produk susu. Walaupun demikian, keduanya bukanlah solusi yang ideal bagi kesehatan. Susu mengandung lemak jenuh yang tidak sehat, sedangkan garam dapat menaikkan tekanan darah. Rumput laut dapat menjadi sumber yodium yang baik, walaupun sangat sulit untuk  dapat memastikan kadar konsumsi yang mencukupi tanpa melebihi batas. 🙂

Iklan

1 Response so far »

  1. 1

    ranid007 said,

    nice posting..
    tentang alam


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s