Vegetarian Sehat Untuk Anda


Ketika kita membahas pola makan sehat, sebenarnya petunjuknya sederhana, langsung dan tidak rumit. Makanan diperlukan untuk membina kesehatan. Kita membutuhkan makanan yang akan memenuhi kebutuhan hidup yang vital dan aktif. Apabila ingin memiliki kesehatan yang baik, kita harus memahami bahwa tidak boleh ada jalan pintas atau penggantian yang tidak perlu. Salah satu kaidah kesehatan dan makanan yang serasi adalah bahwa makanan harus alami, lengkap, murni, dan segar. Semakin alami makanan itu sebagaimana di ciptakan Tuhan, semakin tinggi gizinya. Makanan yang belum diproses lebih bergizi daripada yang sudah diolah, dikupas atau dimasak, tetapi beberapa makanan, seperti padi-padian, kentang perlu di masak. Makanan asli jauh lebih baik bagi kita daripada makanan yang diberi bahan pengawet, pewarna, perasa, buatan atau segala jenis zat kimia. Banyak bahan kimia yang kini ditambahkan dalam produk makanan komersial sebenarnya tidak boleh dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Tubuh kita di rancang Tuhan untuk menerima makanan alami, yang belum diolah, murni dan segar. Itulah yang membuat kita sehat. Kita pasti mengetahui eksperimen yang dilakukan terhadap hewan dengan memakai makanan yang telah diolah dan tidak alami. Hewan tersebut menjadi sakit karena zat gizi yang diperlukan untuk tubuh yang sehat telah hilang, dan makanan mereka tidak lagi selengkap yang direncanakan Tuhan pada mulanya.

Berikut ini adalah panduan dasar-dasar pola makan terpenting dan terbaik untuk hidup sehat : Pilihlah makanan ALAMI Makanan alami padat gizi dan mengandung lebih banyak serat daripada makanan olahan. Makanan alami juga adalah sumber fitokimia ( phytocemicals ) yang lebih baik, yakni komponen-komponen non-nutrien dari tumbuh-tumbuhan yang mempunyai banyak sifat-sifat yang menguntungkan seperti melindungi tubuh terhadap penyakit kanker (seperti yang disebabkan oleh radikal bebas), jantung dan stroke, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah makanan biji-bijian alami bervariasi daripada yang sudah diolah. Pilihlah protein tumbuhan ALAMI Penelitian mengungkapkan beberapa keuntungan penting dari peningkatan konsumsi protein. Protein membantu melindungi otot selama proses penurunan berat badan berlangsung, menahan lapar dan membangun tulang yang kuat. Protein hewani yang rendah lemak sekalipun tidak memiliki keuntungan sebanyak protein nabati. Makanan nabati alami yang tinggi protein yang kaya akan serat dan dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Loma Linda University’s Adventist Health Study telah membutikan keuntungan konsumsi kacang-kacangan. Makanan seperti tahu, tempe, susu kedelai kaya akan protein berkualitas tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebagai tambahan makanan kedelai mengandung isoflavon, yakni senyawa unik yang dapat menurunkan resiko kanker dan meningkatkan kesehatan tulang. Kebanyakan makanan kedelai juga kaya akan kalsium sehingga dapat membentuk kerangka tulang yang sehat. Makanlah banyak sayur dan buah ALAMI Sayur dan buah sungguh adalah makanan yang bernilai, karena kaya akan fitokimia dan vitamin yang mempunyai aktivitas antioksidan, juga zat-zat gizi lainnya seperti mineral dan enzim. Pada waktu yang bersamaan sayur dan buah juga teman terbaik para pediet karena kandungan kalorinya rendah. Diet tinggi antioksidan juga mengurangi resiko penyakit kanker, jantung, diabetes, rheumatoid, arthritis, premature aging dan masalah penglihatan yang berhubungan dengan usia. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s