Ada Banyak Cara Untuk Mengurangi Makanan Junk Food !


1. Biasakan sarapan dan makan di rumah. Percayalah makanan rumah lebih sehat dan bergizi. Jadi, sebelum berangkat sekolah atau kerja, usahakan sarapan. Begitu pun kalau mau berangkat main, lebih baik makan dulu. Jadi, begitu sampai di tempat perut kita tidak terlalu kosong, sehingga keinginan untuk ngemil pun bisa sedikit berkurang. 2. Tidak ada salahnya juga sesekali kita melihat kandungan yang ada dalam makanan yang kita beli. Misalnya kita membeli satu kantong keripik kentang. Coba lihat di bagian belakang kemasan pasti ada keterangan nutrition fact atau kandungan dari makanan itu dan dari situ kita bisa lihat apakah makanan itu sehat atau tidak. Lihat jumlah gram fat atau lemaknya. Setiap 5 gram lemak dalam makanan itu sama dengan satu sendok makan, misalnya sebuah makanan tertulis memiliki 23 gram lemak, artinya makanan itu mengandung 4,5 sendok makan lemak. Sementara lemak maksimal yang baik diserap tubuh adalah 30 persen dari total kalori. Ini bukan berarti kita harus anti lemak, karena lemak itu tetap berguna buat tubuh, tetapi jumlahnya memang tidak boleh banyak. Setelah itu lihat juga jumlah sodium. Beberapa makanan, seperti daging merah, memiliki kandungan sodium yang tinggi. 3. Ambil porsi kecil. Kalau sudah tidak tahan ingin makan junk food, kita bisa meminimalisasi dengan mencicipinya dalam porsi kecil. Kalau kita membeli es krim, minuman soda atau menu yang lain, pilih juga yang ukuran kecil atau regular. Jangan tergoda dengan topping atau bumbu tambahan. Ini akan menambah kandungan kalori dalam makanan kita. 4. Minum air putih sebanyak-banyaknya. Idealnya kita minum delapan gelas sehari, kalau bisa lebih. Air putih membantu proses pembuangan dalam tubuh kita. Semua racun-racun yang ada dalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan kalau kita rajin minum air putih. 5. Banyak makan sayur dan buah. Dua jenis makanan ini tinggi kadar seratnya, sangat bagus untuk mengimbangi tubuh kita yang sudah kemasukkan junk food. Selalu membawa buah-buahan di dalam tas bisa kita jadikan kebiasaan yang baik. Kita bisa langsung mengunyah buah jika terasa lapar. Pilih buah-buahan yang mudah dibawa, seperti apel, tomat, pisang, jeruk, anggur atau strawberry. 6. Olahraga teratur, paling sedikit dalam seminggu tiga kali, per harinya sekitar setengah sampai satu jam. Aktivitas tersebut dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Pilihan olahraga bebas-bebas saja, disesuaikan dengan kegemaran kita. Jalan kaki selama setengah jam lebih lebih baik daripada cuma nonton didepan teve.

Setelah mengurangi junk food, kita bisa masuk ke tahap berikutnya, yang penting kita mengimbangi apa yang masuk dalam tubuh. Hal yang terutama adalah kita harus banyak mengkonsumsi serat. Serat ini banyak terdapat dalam sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Buah-buahan sangat baik untuk menyediakan vitamin, terutama vitamin C, yang membantu stamina tubuh agar tidak cepat sakit. Sumber vitamin C paling banyak ada di jambu batu, jeruk, strawberry dan semangka. Kesehatan badan lebih penting daripada kenikmatan lidah, bukan? 🙂

Iklan

1 Response so far »

  1. 1

    sulit sekali aku meninggalkan makan, padahal aku bukan orang yg rajin jajan di restouran atau di pinggir jalan, beratku semakin tambah, aku makan setiap hari hnya 2 x. tapi kenapa beratku selalu naik dan rasa pingin makan…….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s