Penyakit Arthritis


Arthritis adalah peradangan dari sendi dan dapat mempengaruhi semua kelompok umur. Penyakit ini bisa melibatkan satu atau beberapa sendi. Terdapat lebih 100 macam penyakit arthitis. Tiga jenis penyakit arthritis berikut adalah yang paling sering terjadi.

0  Osteoarthritis, terjadi akibat proses penuaan, melibatkan sendi-sendi penyangga tubuh ( terjadi  proses kerusakkan pada kartilago/tulang rawan, sehingga  sendi menjadi kering). Penyakit ini juga  sering diderita oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan dan orang-orang yang mengalami stres parah dalam menyangga beban ( lutut, pinggul, tumit, dan tulang punggung). Pada saat orang-orang obesitas mengalami penurunan berat badan  maka arthritis pun akan membaik. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya sters dari beban yang menyebabkan penyakit tersebut, tetapi juga berkaitan dengan pola makan.

o  Rheumatoid arthritis, biasanya lebih parah daripada  osteoarthritis. Penyakit ini mempengaruhi sendi kecil pada tangan dan kaki sehingga sendinya bengkak. Pada kasus yang parah bahkan dapat mempengaruhi organ tubuh lain seperti jantung, paru, sistem saraf dan mata. Muncul pada lengan dan kaki serta timbulnya sendi-sendi yang membengkak. Gejala ini dapat muncul pada orang yang kurus maupun gemuk.

0 Gout, penyakit ini sering dikaitkan dengan pola makan kaya protein hewani ( purin) sehingga terdapat akumulasi asam urat didalam darah. Asam urat adalah hasil penguraian purin. Organ dan darah hewan kaya zat purin ini. Biasanya tubuh akan mengeluarkan asam urat kedalam air seni, tetapi bagi orang yang kehilangan kemampuan ini dapat menyebabkan terbentuknya kristal sodium urat yang terbentuk disekeliling sendi dan timbul gout arthritis.

Satu satunya makanan vegetarian yang kaya purin adalah ragi ( untuk arak dan roti ). Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak memakan ragi lebih dari 2 sendok makan setiap harinya. Sumber kaya purin lainnya adalah jamur, kacang terutama kacang tanah, tempe, melinjo, emping, bayam, brokoli, dan tauge.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s