Alergi


Alergi adalah sebuah gangguan karena seseorang sangat sensitif terhadap :
1. Sesuatu yang dimakan seperti makanan tertentu, zat tambahan pada makanan, lilin, pestisida, pewarna makanan, dan lain-lain.
2. Sesuatu yang dihirup, seperti asap rokok, asap mobil, polusi pabrik, serbuk yang terbang di udara, debu, dan sebagainya.
3. Sesuatu yang bersinggungan dengan kulit, seperti tumbuhan beracun yang membuat kulit kemerahan dan gatal dalam 48 jam, besi seperti nikel atau emas karat rendah, dan produk rumah tangga seperti detergen, sabun, dan sampo.
Alergi yang disebabkan oleh kontrak luar tidak begitu berbahaya daripada yang disebabkan oleh konsumsi atau isapan sesuatu zat, tetapi tetap mengkhawatirkan. Beberapa pencegahan mungkin harus dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi risiko beberapa alergi, misalnya :
1. Hindari tempat di mana dan tumbuhan merambat yang beracun mungkin tumbuh subur.
2. Hindari pembelian produk yang mudah terbakar.
3. Gunakan sarung tangan plastik setiap kali menggunakan produk rumah tangga yang menyebabkan alergi.
Alergi yang disebabkan oleh reaksi internal lebih berbahaya. Beberapa gejalanya :
1. Pusing kepala berat yang kadang-kadang menyebabkan kematian, seperti kasus konsumsi MSG.
2. Pengerutan gelembung dalam paru-paru, bila menghirup serbuk atau debu.
3. Kelebihan produksi lendir di hidung seperti rhinitis yang umumnya disertai demam.
4. Masalah pencernaan, bila reaksi antara antibodi dan alergan (zat penyebab alergi) berlangsung di usus.
5. Kulit kemerahan dan demam, timbul bila zat penyebab alergi diserap oleh aliran darah dan dilawan oleh antibodi.
Petunjuk tentang Makanan :
1. Gunakan makanan organik yang memperkecil risiko alergi. Hindari kafein, yang menghambat kemampuan hati untuk menyaring racun. Hindari makanan yang memang sudah dikenal menyebabkan alergi, seperti cokelat, telur, makanan dari susu, jamur, dan gula. Juga hindari makanan yang disemprot dengan lilin, pewarna makanan, atau pestisida, seperti selada, apel, kacang polong, cole slaw, dan jeruk.
2. Lakukan 3-5 hari puasa jus
3. Konsumsilah salah satu berikut ini setiap hari : sup miso, jus wortel segar dan kaldu kalium.
4. Tambahkan 1-2 sendok makan gandum dan lesitin pada sereal makan pagi.
5. Makan banyak kacang-kacangan dan sayuran laut untuk menghilangkan timbal.
6. Minum banyak air putih.
7. Minum makanan alami seperti yogurt.
8. Makan makanan yang kaya mangan seperti blueberry, gandum, dan lain-lain 🙂

1 Response so far »


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s