Depresi


Depresi atau perasaan depresi merupakan dua hal yang berbeda. Perasaan depresi merupakan kondisi di mana kadang-kadang seseorang kurang bersemangat untuk melakukan sesuatu, tetapi pelan-pelan sembuh dan dapat kembali melakukan rutinitas. Sedangkan depresi merupakan suatu kondisi di mana seseorang merasa rendah diri yang semakin dalam, sehingga mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalankan kesibukan seseorang sehari-hari.
Ada dua penyebab depresi :
1. Reaksi berat akibat kejadian yang khusus misalnya kematian seseorang yang dicintai, bangkrut, perceraian atau perpisahan.
2. Perubahan zat kimia atau hormon di dalam tubuh, misalnya setelah kelahiran bayi (post partum depression), ketidakseimbangan gula, ketidakseimbangan kelenjar, atau depresi ketagihan obat-obatan.
Depresi ditimbulkan oleh perasaan sedih yang dalam, suka cita, dan menarik diri dari keluarga dan teman; gejolak atau keinginan untuk tidak makan atau makan berlebihan; insomnia sampai tidur terus-menerus; kelelahan kronis; lemas, konstipasi, pusing kepala, tidak mampu untuk konsentrasi, dan pikiran untuk bunuh diri atau membunuh orang lain tetapi terlalu lemah untuk melakukannya. Tetapi, ada orang-orang yang mampu membunuh atau bunuh diri untuk menghindari depresi.
Di Amerika Serikat, setiap tahun terdapat 200.000 kasus percobaan bunuh diri dan 27.000 di antaranya terjadi. Sangatlah penting bagi kita untuk waspada terhadap orang yang kelihatan depresi, karena kelalaian dan prasangka hanya akan membahayakan. Tidak seperti penyakit lainnya, depresi tidak menular tetapi orang yang depresi memerlukan banyak dukungan dari keluarga dan masyarakatnya.
Petunjuk tentang Makanan :
1. Lakukan diet protein tinggi termasuk ikan, makanan laut, dan kacang-kacangan.
2. Masukkan serat mudah larut dalam diet Anda. Makan banyak buah segar dan sayur, biji-bijian, dan gandum.
3. Buat campuran masing-masing 1/2 cangkir: butiran lesitin, biji labu, wheat germ, dan ragi. Makan satu sampai tiga sendok makan setiap hari.
4. Minum banyak air putih, bukan air yang diproses secara kimiawi karena akan menyebabkan ketidakseimbangan kimia dalam tubuh.
5. Hindari makanan olahan dan obat-obatan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s