Penelitian Berbagai Negeri


Tentu saja itu tak sekedar alasan. Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebutkan beberapa penelitian tentang bahaya pestisida bagi kesehatan. Di Israel, sebuah penelitian memaparkan, pestisida bisa membuat kita mudah terserang sakit kepala, tremor dan kejang. Di Belgia, penelitian terhadap beberapa wanita penderita kanker payudara menemukan kadar pestisida di dalam darah mereka 6-9 kali lebih banyak dibandingkan wanita sehat.
Ada lagi, Dr. Vyvyan Howard, patologis dan ahli toksilogi Jurusan Anatomi Manusia dan Biologi Sel Universitas Liverpool, Inggris, mengatakan bahwa peningkatan bahaya bahan kimia dalam tubuh manusia telah terjadi sejak Perang Dunia II ketika pertanian dikelola secara intensif. Dalam 50 tahun terakhir, Dr. Howard telah menelusuri 300-500 bahan kimia berbahaya yang potensial diserap tubuh manusia. Karena itu, ”Mengkonsumsi pangan yang ditanam secara organik adalah cara efesien untuk menghindari bahan-bahan kimia tersebut.

Penelitian tentang manfaat organik dilakukan juga di Meksiko terhadap dua kelompok anak-anak di dua daerah yang berbeda.”Kelompok pertama menjalankan gaya hidup organik, dan kelompok kedua dengan cara konvensional. Hasilnya, anak-anak dengan gaya hidup organik memiliki kemampuan motorik yang lebih tinggi. Sebuah penelitian oleh Institute of Grassland and Environmental Research dan Universitas Aberdeen, Inggris, membuktikan bahwa susu organik mengandung Omega-3 lebih tinggi ketimbang susu non-organik. Itu baru dari sisi kesehatan. Dari sisi lain pun ditemukan berbagai manfaat ketika kita memilih gaya hidup organik 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s