Cara Memasak Bahan Organik


Sambil menjelaskan motivasi memasaknya, Chef Michael, mempraktikkan cara memasak Nasi Pepes, Nasi Ulam dan Urap Kampung. Semua bahannya dari bahan organik dan alami serta menggunakan alat masak yang terjamin kualitasnya seperti Salad Master.

Bahan-bahan Nasi Pepes yaitu bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, sereh, tomat hijau, jamur, cabe merah dan daun pisang untuk membungkus. Semua bumbu dipotong kecil-kecil dan jamur dipotong memanjang. Cara memasaknya, panaskan minyak kelapa alami secukupnya (tidak perlu banyak-banyak). Lalu tumis bumbu hingga layu dan harum (dengan waktu tidak lama), masukkan jamur, garam dan merica. Tumis semua bahan hingga bumbu terserap dan masak (dengan waktu tidak lama juga). Angkat dan diamkan.

Siapkan nasi di atas daun pisang yang bersih lalu taburkan tumis jamur di atasnya. Bungkus daun pisang berisi nasi dan tumis jamur lalu kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah masak dan tercium bau khas, angkat dan siap disajikan hangat-hangat. Rasanya tentu sangat nikmat.

Menu lainnya adalah Nasi Ulam. Bahan-bahannya yaitu kelapa parut yang disangrai dengan sedikit minyak kelapa alami, bawang merah dipotong kecil-kecil, lengkuas, ayam organik rebus yang dipotong kesil-kecil dan nasi. Saat demo masak kali ini Chef Michael menggunakan beras hitam karena nilai nutrisinya lebih tinggi daripada nasi putih biasa. Dia juga memilih daging ayam organik untuk menggatikan ikan.

Cara memasaknya, bawang merah dan lengkuas ditumis dengan sedikit minyak kelapa alami. Setelah layu dan harum masukkan ayam organik yang sudah dipotong kecil-kecil. Ditumis lalu masukkan kelapa parut sangrai secukupnya, tumis dan masukkan nasi serta garam secukupnya. Tumis atau aduk-aduk sampai terserap menjadi satu dengan rasa yang khas. Angkat dan sajikan hangat-hangat.

Menu ketiga adalah Urap Kampung. Bahan-bahannya, bawang merah, kencur, kunyit, daun jeruk purut, tomat hijau dan cabe merah. Semuanya dipotong kecil-kecil. Siapkan juga sayur-sayuran yang sudah direbus secukupnya, kecombrang bagian tengahnya, daun kemangi dan kelapa alami parut. Campur semua bahan dengan kelapa alami parut, tambahkan garam secukupnya dan siap disajikan dengan nasi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s