Sayur Pahit Bagus Untuk Kesehatan


Rasa pahit merupakan satu dari empat rasa dasar yang sering tidak disukai banyak orang dalam setiap masakan. Padahal sayuran atau panganan yang pahit itu sehat.

Lidah kita memiliki 20 ribu hingga 50 ribu rasa yang secara teknis disebut reseptor. Rasa pahit membantu memproduksi enzim dan bertindak seperti sinyal peringatan kepada reseptor dengan mengatakan bahwa makanan itu racun. Namun hal itu tidak berarti semua sayuran atau pangan yang pahit tidak sehat.

Sayuran pahit memiliki sifat tertentu yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Fitonutrien atau zat aktif biologis yang memberikan bau, warna dan rasa pada tanaman, hadir dalam sayuran pahit yang merupakan antioksidan terkuat.

Glucopyranosides, salicin, flavonoid, dan polifenol adalah nutrisi yang menambah rasa pahit dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Menurut sebuah jurnal Amerika tentang gizi, sebagian besar antioksidan yang terkandung dalam sayuran umumnya pahit. Kepahitan dalam sayuran membunuh berbagai kuman dan parasit (seperti cacing cincin, cacing pita yang menyebabkan penyakit pencernaan seperti diare).

Kadang-kadang sayuran yang terlalu lama dimasak juga menyebabkan rasa pahit yang tidak diinginkan. Banyak sayuran seperti sawi dan brokoli memberikan rasa pahit ketika terlalu lama dimasak sehingga disarankan untuk memasak sayuran sebentar saja. Sebagian besar sayuran ketika terlalu lama dimasak mengandung senyawa belerang dan itu memberikan rasa yang tidak enak. Itulah mengapa sebaiknya memasak sayuran tetap dalam keadaan segar agar rasanya tetap enak.

Sebaliknya, saat memasak sayuran pahit agar terasa lebih manis, beberapa prosedur memasak dapat dilakukan seperti mengukus, menumis dalam minyak seperti minyak zaitun atau menambahkan beberapa tetes lemon, jus asam, atau garam saat memasak. Ini akan menghindari rasa pahit pada sayuran.

Kadang-kadang menambahkan bawang putih dan bawang bombay dapat mengurangi rasa pahit. Pahit itu sehat tapi bagaimana agar rasa itu tidak membuat stres lidah merupakan cara terbaik untuk memakannya🙂

1 Response so far »

  1. 1

    Lince said,

    Ne skrg qu lgi masak syur pahit.tpi qu lgi batuk,jdi gk ditumis…spya enak dimakan,gmna y cara masak ny?
    thx


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s