Apakah Dengan Menjadi Vegetarian Orang Akan menjadi Lemah Dan Bodoh


Orang tidak akan menjadi lemah dan bodoh dengan menjadi vegetarian. Sebagai buktinya, lihatlah contoh dari beberapa nama para guru besar spritual dunia dan orang-orang terkemuka di dunia, sebagaimana diuraikan pada penjelasan jawaban sebelumnya.

 Selain itu, kita juga dapat membuktikan sendiri bahwa hewan vegetarian (herbivora) seperti gajah, kuda nil, jerapah dan sapi ternyata lebih kuat dan bermanfaat bagi manusia dibandingkan dengan hewan pemakan daging (karnivora) seperti harimau, singa, serigala dan lain-lain.

 KALAU BEGITU APA YANG MEMBUAT TUBUH MANUSIA MENJADI LEMAH?

 Faktor utama yang membuat tubuh manusia menjadi lemah adalah penerapan pola makan yang salah.

 Pola makan sehari-hari yang benar adalah bila manusia mengkonsumsi nutrisi (enzim, gizi dan serat) yang seimbang. bagi mereka yang bukan pekerja kasar, pola makan harian yang benar adalah sebagai berikut:

 Enzim diperoleh dari makanan mentah dan banyak dihasilkan dari buah-buahan dan sayuran mentah. Untuk mencukupi kebutuhan enzim, manusia harus mengkonsumsi 80% buah dan sayuran mentah setiap hari. Sisanya 20% makanan matang.

Fungsi Enzim:

1.     Sebagai energi hidup (vitalitas) dan daya tahan tubuh untuk mencegah dan menyembuhkan   semua penyakit (tanpa kecuali).

2.     Mencernakan dan mengeluarkan racun (detoksinasi) dari polusi internal dan eksternal.

3.     Memelihara metabolisme dan proses regenerasi untuk membuat tubuh sehat dan awet muda.

Gizi terdiri dari:

Œ    Karbohidrat yang dihasilkan dari padi-padian (antara lain: beras, ketan, gandum), umbi-      umbian (antara lain: kentang, ubi, singkong), harus dimakan sebanyak 40% dari total porsi         makanan per hari.

        Fungsi Karbohidrat: sebagai sumber energi, pelindung protein dari tubuh, serta        melancarkan pekerjaan usus.

    Mineral yang banyak dihasilkan dari sayur-sayuran berwarna hijau (antara lain: bayam,    kangkung, brokoli, daun singkong), harus dimakan sebanyak 25% dari total porsi makanan       per hari.

        Fungsi Mineral: ikut membangun tulang, gigi, rambut, kuku, saraf, darah, dll. Menjaga  keseimbangan asam basa dalam tubuh.

Ž    Vitamin yang banyak dihasilkan dari buah-buahan, harus dimakan sebanak 25% dari total  porsi makanan per hari.

        Fungsi Vitamin: untuk memelihara kesehatan dan pertumbuhan yang normal. Umumnya  semua reaksi kimia tubuh memerlukan vitamin.

    Protein yang banyak dihasilkan dari kacang-kacangan (antara lain: kacang kedele, kacang panjang, buncis, kacang polong), harus dimakan sebanyak 10% dari total porsi makanan per             hari.

        Fungsi Protein: untuk mengganti sel tubuh dan mengganti sel yang rusak, membangun  sistem dan kekebalan dalam darah.

    Serat diperoleh dari semua jenis makanan vegetarian. Dengan menjadi vegetarian, berarti  kita tidak akan kekurangan serat.

        Lemak Nabati yang banyak dihasilkan dari kacang berkulit keras, kacang tanah, minyak goreng, kemiri, kenari, zaitun, alpokat, kacang kedelai,. Kita tidak perlu memakan lemak    secara khusus, karena sebagian besar makanan mengandung lemak dan kita hanya             memerlukan lemak dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu 3%-5% dalam kandungan darag   kita.

        Fungsi Lemak Nabati: melarutkan vitamin A, D, E, K, sebagai sumber energi, struktur membran sel, prekursor hormon dan modulator sistem imun.

 Dengan menerapkan pola makan yang benar setiap hari, maka tubuh manusia akan menjadi sehat dan fit 🙂

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Enzim adalah suatu potein yang berfungsi sebagai bio-katalisis, yaitu mempercepat reaksi biokimia pada mahluk hidup, dst. Semua ada dalam bahan kuliah saya. Lihat catagory, bahan kuliah, enzim.

  2. 2

    saya ingin mencoba vegetarian .
    tp klu blm mkn nasi pasti berasa lapar terus .

    salam kenal 🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s