Vegetarian Konsep Hidup Sehat


Health is not everything, but without it everything is nothing. Sebuah semboyan WHO yang cukup populer dan patut kita renungkan bersama. Terlebih pada zaman sekarang ini di mana setiap manusia saling berlomba mencari kenikmatan hidup setelah bekerja keras sepanjang hari. Kenikmatan hidup terutama melalui mulut (makanan) sering membuat orang lupa akan faktor kesehatan. Bahkan sebagian orang berprinsip bahwa hidup adalah untuk dinikmati, hidup adalah untuk makan. Sehingga sungguh disayangkan bahwa kita menjadi lupa berpikir tentang makanan sehat yang sesungguhnya diwariskan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Kita menjadi lupa bahwa makanan terbaik yang cocok untuk tubuh kita bukanlah makanan yang enak-enak terutama dalam hal ini makanan hewani. Kita lupa bahwa sesungguhnya manusia adalah pemakan tumbuhan (herbivora). Apalagi saat ini sudah banyak sekali restoran ’fast food’ yang kebanyakan berasal dari luar yang didominasi makanan hewani dan membuat masyarakat kita terutama kalangan menengah ke atas berlomba menikmati makanan yang cukup bergengsi tersebut tanpa mereka sadari bahwa sesungguhnya mereka hanya mengorbankan kesehatan tubuh mereka.

Makanan adalah aspek yang sangat penting dalam keberadaan manusia. Seperti halnya air dan udara maka manusia tidak dapat hidup tanpa makanan. Dari penelitian antropologi diketahui bahwa ternyata makanan nabati memegang peranan sangat penting dalam kehidupan manusia terbukti dari anatomi tubuhnya yang sesuai dengan pemakan tumbuhan. Seandainya makanan hewani memegang peranan penting tentulah anatomi dan fisik manusia dalam evolusinya akan lebih mengarah ke carnivora. Walaupun diperoleh bukti bahwa manusia mengembangkan aktivitas berburu 400.000 tahun yang lalu yakni Homo erectus yang kemudian diikuti Homo sapiens yang mana mengubah diet yang semula hanya nabati menjadi perlahan-lahan bercampur dengan hewani, tetapi dari penelitian Karl Butzer diketahui bahwa ‘makanan hewani menjadi makanan darurat ketika manusia berkembang keluar dari Afrika ke tempat yang tumbuhan hanya hidup secara musiman’. Buktinya adalah ditemukannya bukti perburuan di Terra Amata (Spanyol) dan Lehringen (Jerman) yang musimnya lebih dingin dari Afrika. Dari penelitian diketahui bahwa sistem pencernaan manusia hanya mengalami sedikit perubahan setelah 5 juta tahun berevolusi yang akan diuraikan secara mendetail pada makalah ini. Karena produk hewani hanya sedikit berperan dalam diet manusia sehingga tidak cukup mempunyai daya yang kuat untuk mendorong perubahan ke arah carnivora. Charles Darwin (1809-1882) yang teori evolusinya merupakan dasar ilmu biologi adalah seorang vegetarian dan dikatakan bahwa manusia adalah termasuk dalam primata yang telah sangat berkembang dibanding kera dan chimpanzee tetapi masih memiliki banyak kesamaan dan karena binatang tersebut termasuk vegetarian maka tentulah manusia juga harus bervegetarian. Bahkan beliau mengatakan bahwa binatang mempunyai perasaan yang hampir mirip manusia maka adalah tidak pantas membunuh mereka untuk di jadikan makanan kita. Walaupun demikian makanan hewani memainkan peranan penting pada zaman sekarang sebagai pertanda kemakmuran suatu bangsa.

Berbagai penelitian modern terutama dalam 2 abad terakhir ini di mana semakin banyaknya penyakit degeneratif yang diderita manusia terutama akibat perubahan diet yang cukup drastis ke arah hewani mendorong para ahli kesehatan dan gizi meneliti hubungan perubahan gaya hidup baru ini dengan kecenderungan penyakit dan akhirnya pada tahun 1991 mereka sepakat bahwa diet vegetarian yang terdiri dari palawija, sayur, buah dan kacang bila dimakan secara bervariasi dan seimbang bukan saja mencukupi kebutuhan nutrisi bagi setiap kelompok umur manusia tapi juga dapat mencegah penyakit degeneratif dan meningkatkan derajat kesehatan secara optimal. Diet ini dipandang sebagai diet terbaik den dipopulerkan secara luas di seluruh dunia dan terbukti sangat efektif. Dalam makalah yang sederhana ini kita akan membahas lebih jauh mengenai diet vegetarian ini dan pengaruh buruk makanan hewani terhadap kesehatan manusia. Diet vegetarian memenuhi semua aspek baik fisiologi, gizi, kesehatan, etika, moral, lingkungan hidup, ekonomi dan kelaparan dunia🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s