Vegetarian Konsep Hidup Sehat Dalam Pola Makan 4 Sehat


Sesuai rekomendasi PCRM & ada tahun 1991 bahwa diet yang terbaik bukan lagi 4 sehat 5 sempurna tapi sudah dirubah menjadi 4 sehat yang dikenal dengan kuartet nabati yang tdd:

  1. Padi-padian  seperti: beras, gandum, kentang, sagu, jagung, biji-bijian barley, oat, jali-jali, millet, rye dan umbi-umbian seperti singkong, ketela, talas; roti, mie, bihun dsbnya. Kelompok ini sangat kaya akan serat makanan, karbohidrat kompleks sekaligus protein, vitamin B kompleks dan mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, seng. Dianjurkan 4 porsi sehari.
  2. Sayur-sayuran yang merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup lengkap dan juga serat makanan yang sangat penting untuk kelancaran pencernaan, penyerapan kolesterol dan bahan-bahan beracun serta memperbesar volume tinja. Dianjurkan 3 porsi sehari.
  3. Buah-buahan yang merupakan sumber yang sangat kaya serat makanan, vitamin C dan beta karoten serta fitokimia untuk mencegah berbagai penyakit kanker. Dianjurkan 3 porsi sehari.
  4. Legum merupakan kelompok yang terdiri dari kacang-kacangan, polong dan lentil termasuk hasil olahannya seperti: tahu, tempe, susu kedelai dan gluten. Kelompok ini merupakan sumber protein yang sehat dan lengkap, sumber asam lemak tak jenuh seperti asam linoleat, asam linolenot, kaya dengan lesitin, vitamin B kompleks, vitamin A, C, E dan mineral. Dianjurkan 2 porsi sehari.

Berbagai keuntungan diet vegetarian yang dipraktekkan sepanjang hidup:

  1. Prevalensi hipertensi sekitar 1/3-1/2 dibanding non vegetarian.
  2. Tingkat kolesterol yang jauh menurun dengan diet vegetarian sehingga sangat menguntungkan bagi yang beresiko penyakit jantung koroner dan bahkan dari penelitian terakhir didapatkan bahwa gejala penyakit koroner dimulai pada umur 3 tahun. Selain itu juga menurunkan kasus stroke.
  3. Kasus kanker 25% s/d 50% lebih rendah yakni kanker paru, colon, kandung kemih, lambung, mulut, larynx, esophagus, pancreas den cervix.
  4. Kasus obesitas lebih rendah dan vegetarian 10% lebih langsing dibanding non vegetarian.
  5. Menarche yang lebih lambat sehingga mengurangi kasus kanker payudara.

Antioksidan yang tinggi (vitamin C, E, carotenoid) melindungi sel terhadap radikal bebas penyebab kanker dan jantung 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s