Manfaat Anggur


Dalam segi kandungan buah anggur mengandung vitamin dan senyawa yang berfungsi untuk kesehatan tubuh, diantara manfaat yang terkandung dalam biji,kulit dan buahnya adalah sebagai berikut: Biji anggur baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol,zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah( anti again), bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyumbatan yang menyebabkan strike maupun penyakit jantung koroner. Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan  pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan. Zat pycnogenol tersebut  banyak terdapat pada biji anggur, baik anggur lokal maupun anggur impor dari beberapa negara lain. Biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji lombok, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus buntu dan lainnya. Sementara itu, kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat oksdan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C. Dengan demikian kulit anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit, akan membuat orang yang mengonsumsinya tampak lebih segar. Tingginya kandungan oksidan pada kulit anggur ini,membuat buah anggur juga sangat baik dikonsumsi oleh perokok maupun orang yang tinggal didaerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi seperti jakarta. sedangkan buahnya kaya akan kalium yang berfungsi untuk megontrol tekanan darah. Buah anggur, bagus dikonsumsi setiap hari dua porsi, satu porsi antara 6-8 biji. Namun demikian, tidak masalah bila harus diselingi dengan  berbagai macam buah lainnya. Menghindari masih adanya zat kimia yang melekat dalam buah anggur, sebaiknya sebelum dimakan buah tersebut dicuci secara bersih terlebih dulu. Sebaiknya seluruh bagian buah seperti kulit dan bijinya yang dimakan. Mulai sekarang tinggalkan kebiasaaan membuang biji anggur saat makan anggur karena biji anggur mencegah terjadinya serangan jantung. Didalam biji anggur terdapat pycnogenol. Pycnogenol adalah penguat kolagen yang berfungsi untuk memperbaiki struktur pembuluh darah ( anti aging). Semakin usia kita bertambah maka pembuluh darah akan semakin rapuh. Kalau sudah demikian maka pembuluh darah akan akan mudah tersumbat oleh lemak dan kolesterol yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis ini, merupakan tanda awal dari serangan jantung dan berhentinya fungsi jantung. Dengan demikian, karena begitu pentingnya biji anggur maka jangan ragu untuk memakannya. Karena dikunyah agak pahit makan ditelan saja. Aman, karena menurut tidak akan membuat usus buntu.

Berikut beberapa manfaat dari buah anggur:

1. Dapat mencegah terjadinya serangan Stroke

2. Berfungsi untuk mencegah serangan jantung.

3. Bermanfaat sebagai penurun tendi darah (anti hipertensi)

4. Membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah, metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

5. Bermanfaat pembuatan kolagen, pengangkatan lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

6. Membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah, dan berfungsi sistem saraf.

7. Mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida didalam darah.

8. Memicu kerja otot dan simpul saraf, memperlancarkan pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh, sehingga konsumsi anggur membuat tubuh menjadi segar.

9. Mengatasi kelelahan dan hipoglikemia

10. Dipercaya sebagai afrodisiak ( makanan pembangkit gairah seksual)

11. Membantu  penyenbuhan berbagai jenis kanker, mencegah serangan jantung dengan cara memperlancar aliran darah dan menyingkirkan plak lemak pada dinding pembuluh darah, serta sebagai obat antivirus.

12. Mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus, seperti influenza, polio dan herpes simpleks tipe I. Meningkatkan aliran darah ke otak hingga 30 %, mereduksi risiko penyakit stroke.

13. Mengatasi susah tidur, karena pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia, juga sanagt efektif untuk mengatasi hipertensi.

14. Antimikroba yang baik🙂

1 Response so far »

  1. 1

    sita said,

    Nice info🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s