Manfaat Apel


Dinegara – negara maju, seperti di Amerika dan Eropa, kalimat ini bukan saja sangat popular tetapi juga diyakini oleh masyarakatnya, bahwa dengan mengkonsumsi sebuah apel sehari seseorang akan tetap sehat. Bahkan bukan hanya sehat, jauh dari dokter, tetapi cantik, dengan kulit yang halus serta tubuh langsing. bagi kesehatan, buah apel mempunyai manfaat yang nyata dalam hal sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol

2. Menurunkan tekanan darah

3. Menstabilkan gula darah

4. Meningkatkan HDL
5. Membunuh virus infeksi

6.Mengurangi nafsu makan

7. Memperlancar pencernaan

8. Mempertahankan kesehatan syaraf

9. Agen anti kanker

10. Menjaga kesehatan jantung

Dibandingkan dengan jeruk, apel mengandung 50% lebih banyak vitamin A. Vitamin ini berfungsi untuk menyembuhkan influenza dan infeksi lainnya. Khasiat lainnya menjaga  mata dalam kondisi baik dan mencegah kebutaan. Apel mempunyai kandungan vitamin C dan B yang paling penting unutk mempertahankan kesehatan syaraf. Vitamin C penting untuk pembentukkan tulang dan gigi. Mineral besi (Fe) pada buah apel, meskipun kandungannya tidak tinggi teteapi mempunyai kemampuan unutk membantu penyerapan Fe dari makanan lain seperti telur dan hati. Demikian pula kalsium dalam apel, dapat membantu sistem pencernaan untuk penyerapan kalsium dari makanan lain.

Disamping zat-zat gizi tersebut diatas, rahasia apel sebagai pencegahan penyakit terletak pada kandungan karoten dan pektinnya yang merupakan serat larut dalam air. Pektin merupakan salah satu tipe serat kasar yang mempunyai beberapa keuntungan, karena merupakan serat yang berbentuk gel, pectin dapat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Pectin juga dikenal sebagai antikolesterol, bila berinteraksi dengan vitamin C dapat menurunkan kolesterol darah. Selain itu, petcin juga dapat menyerap kelebihan air dalam  usus dan memperlunak feses serta mengikat dan menghilangkan racun dalam isi usus. Apel juga mengandung sejumlah senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker. Penemuan mengemukkan bahwa senyawa tersebut meliputi: ellagic, asam caffeic, klorogenik dalam jumlah 100-130 mg/100 g, terutama terdapat pada apel segar.

Buah apel mempunyai indeks glikemik ( indeks pengukuran tentang cepatnya peningkatan gula darah) yang sangat rendah.  Hal ini berarti bahwa pergantian gula yang terdapat secara alami pada apel tidak akan memacu kecepatan naiknya gula darah. Apel juga berfungsi mengontrol keluarnya insulin, sehinnga tidak berlebihan. Bila dilakukan secara teratur dapat menjaga keseimbangan gula darah, selain itu apel juga dapat menurunkan tekanan dan kolesterol darah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s