Bayam


 Sayur kesukaan tokoh kartun pelaut Popeye memang enak jika dijadikan sayur bening. Selain menghilangkan lesu, bayam, yang dibuat menjadi jus  bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari enemia sampai gangguan pencernaan. Setelah diketahui mengandung berbagai macama zat gizi, tanamam ini lalu dipromosikan sebagai sumber pangan juga. Kandunagn asam folat dan asam oksalat membuat bayam bisa dipakai untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah. Misalnya menurunkan kadar kolesterol mencegah sakit gusi, mengobati eksim, asma, untuk perawatan kulit muka,kulit kepala, dan rambut. Yang paling terkenal mengobati rasa lesu dan kurang  bergairah sebagai tanda kurang tanda. Lebih dari itu serat yang cukup tinggi pada bayamlah yang membuat ssayuran ini bagus untuk pencernaan kita. Dengan demikian penyakit seperti sembeli, jantung, stroke, dan persoalan mengenai tekanan darah dan pembuluh darajh bisa diatasi. Namun disamping bermanfaat, bayam tetap  memiliki keterbatasan. Kelemahan bayam terletak pada saat proses pengelolahannya. Kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panic aluminium. Aluminium ini bisa menyebabkan racun karena beraksi dengan zat besi yang terkandung didalam bayam. Lebih dari itu, kita juga tidak boleh mengonsumsi sayur bayam kalau sayur tersebut lewat dari lima jam sejak dimasak. Seperti sayuran lain, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama diatas api karena hal itu menyebabkan gizi pada bayam banyak terbang.

Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngili yang berlebihan dan asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam bayam sanagt tinggi. Purin ainilah yang kemuydian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Berbagai ramuan alami dan khasiat dari sayuran bayam

Selain dibuat sayur bening, kita bisa menggunakan bayam untuk keperluan pengobatan.

Sembelit, Sakit Gusi, Tukak Lambung

Bahan:

–          Seikat bayam

–          Sesendok madu

Cara membuat:

Cara I:

Bersihkan bayam terlebih dahulu dan potonglah akarnya. Masukkan  dalam juicer. Ssetelah itu, minumlah jus sebanyak liter sehari. Lakukan selama beberapa hari.

Cara II:

Setelah dicuci dan dipotong, giling bayam sampai halus. Tambahkan setengah cangkit air matang dan satu sendok makan madu. Setelah itu peras dan saring. Minum 3 kali sehari, setiap kali setengah cangkir.

Asma, Eksim kulit

Bahan :

–          Lima batang bayam duri

–          Lima gelas air.

Cara  membuat:

Potong-potonglah lima batang bayam, termasuk daun dan kembangnya. Rebus potongan itu menggunakan lima gelas air selama 7-10 menit. Air hasil rebusan tadi diminum 3 kali sehari. Untuk anak-anak, cukup diminum setengah gelas, orang dewasa satu gelas, dan bayi dua sendok makan saja.

Eksim

Bahan:

–          Kain halus selebar kain sapu tangan

–          Satu ikat bayam

Cara membuat:

Rebus bayam sekitar seperempat jam. Setelah itu ambil bayam dan tinggalkan air rebusannya. Rendam kain dalam air rebusan bayam. Kompreslah bagian yang sakit eksim selama 20-30 menit. Lakukan sehari sekali.

Badan Lemas,Cepat Ngantuk, dan Kurang Bergairah

Bahan:

– 1 buah tomat

– 1 gelas susu nonfat

– 100 gram daun bayam

– 2 siung bawang putih

Cara membuat:

Masukkan semua bahan ke blender, tetapi sebelumnya buang biji dan kulit ari tomat. Daun bayam diseduh dengan air panas. Bila terlalu kental, tambahkan air sedikit kedalamnya. Minum 3 kali semingguu jus campuran itu. Bila kondisi membaik, porsi kurangi sebanyak sekali seminggu.

Perawatan Kulit Muka, Kepala, dan Rambut

Bahan:

– segenggam kunyit

– seikat daun bayam

Cara membuat:

Cara I: Bayam  dibersihkan, baru diblender. Setelah itu peras dan ambil airnya. Ambil kunyit setelah dibersihkan. Potong kecil- kecil dan masukkan ke blender. Tambahkan air secukupnya. Peras kunyit dan tinggalkan air sarinya. Campur air sari kunyit dan bayam. Tambahkan dengan sedikit air hangat. Gunakan untuk mencuci muka atau keramas.

Cara II: Masukkan seikat bayam yang sudah dibersihkan kedalam juicer. Gunakan jus bayam utuk menggosok seluruh bagian wajah Anda  disekitar sudut mata, dahi, bibir, dan dagu. Lakukan perawatan ini selama lima menit ketika bangun pagi dan malam  hari menjelang tidur. Bila perlu, bilaslah dengan air dingin.

Brokitis, Anemia, Deman, Keputihan, Gangguan Lever

Bahan:

– seikat bayam

– sesendok madu

Cara membuat: Masukkan bayam dalam blender dengan ditambah sedikit air matang. Peras hasil blenderan bayam dan tambahkan madu kedalamnya. Minum sehari sekali, satu gelas.

Disenggat Lebah, Ulat Bulu, Lipan

Bahan: segenggam bayam

Cara membuat: Memarkan bayam dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau gatal. Bisa juga dilengkapi dengan membuat jus bayam dan diminum sehari sekali satu cangkir🙂

1 Response so far »

  1. 1

    Rahmat said,

    banyak juga manfaat bayam ya? namun katanya kalo disayur, gak boleh dipanaskan lagi ya? itu kenapa ya? katanya berbahaya


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s