Gaya Hidup Sehat Memicu Perubahan Genetis


Menurut penelitian baru-baru ini yang dipimpin oleh Dr. Dean Ornish pada Lembaga Penelitian Obat Pencegahan di Sausalito, Kalifornia, sebuah gaya hidup sehat dapat menyebabkan perubahan yang cepat dan dramatis pada tingkat genetis.

Dalam penyelidikan tersebut, para peneliti telah meneliti 30 pria dengan resiko kanker prostat yang rendah yang telah memutuskan melawan perlakuan medis konvensional seperti operasi dan radiasi atau terapi hormon. Para pria tersebut menjalani tiga bulan perubahan gaya hidup utama, termasuk pola makan yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, polong-polongan, dan produk-produk kedelai, gerak badan yang cukup seperti berjalan setengah jam sehari, dan satu jam metode manajemen stres setiap hari seperti meditasi.

Setelah tiga bulan, seperti yang diharapkan, mereka kehilangan berat badan, merendahkan tekanan darah mereka dan terlihat peningkatan kesehatan lainnya. Para peneliti juga mendapatkan perubahan yang lebih besar: pria-pria tersebut memiliki berbagai perubahan pada aktivitas dalam 501 gen, 48 gen pencegah penyakit aktif sementara 453 buah dari mereka adalah gen pendorong penyakit, termasuk gen-gen yang terlibat dalam kanker prostat dan kanker lainnya seperti kanker payudara telah dinonaktifkan.

Seringkali, orang-orang merasa mereka tidak dapat melakukan apapun berkenaan dengan penyakit mereka karena hal tersebut bersifat genetis. Mereka berkata, “Oh. Itu semua ada dalam gen-gen saya, apa yang dapat saya lakukan?” Dr. Ornish tidak setuju dan berkomentar, “Ya, itu menyatakan bahwa Anda mungkin dapat melakukan banyak hal. ‘Hanya dalam tiga bulan, saya dapat mengubah ratusan gen-gen saya dengan hanya mengubah apa yang saya makan dan bagaimana saya hidup?’ Ini sungguh menggembirakan.”

 Ya dapat mengetahui bahwa hanya dengan mengubah cara hidup, sangat menggembirakan kita dengan memasukkan diet vegetarian atau vegan, olah raga yang cukup, dan meditasi untuk mengurangi stres, Anda dapat menyelamatkan hidup Anda 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s