Manfaat Daun Pepaya


Dari beberapa penelitian dijelaskan batang dan daun pada tumbuhan papaya mengandung banyak getah putih seperti susu ( white milky latex) yang berpeluang dikembnagkan sebagai antikanker. Manfaay getah papaya unutk kesehatan dibuktikan secara almiah bersifat antitumor atau kanker. Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh  kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, tak yhanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan karpain teryata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan. Sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus. Daun papaya juga mengandung berbagai macam zat antara lain vitamin A,B1, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium,fosfor, besi dan air. Selain itu  lebih dari 50 asam amini terkandung dalam getah papaya, antara lain asam aspartate, treonin, serin, asam glutamate, prolin, glisin, alanine, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin,lysine,arginine, tritophan, dan sistein. Bahan-bahan tersebut biasanya dipadukan dalam bahan baku industry kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal dan menjaga gigi dari timbunan plak. Selain bermanfaat bagi kulit daun papaya terutama dapat digunakan untuk kesehatan wanita antara lain untuk mebgobati keputihan, deman akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI). Beberapa penyakit lain seperti flu, malaria dan deman juga dapat memanfaatkan daun papaya sebagai penangkalnya. Lebih lanjut cara menggunakan daun papaya untuk mengobati penyakit sebagai berikut:

  1. Jerawat : jemur 2-3 helai daun papaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air peras. Oleskan sarinya pada jerawat
  2. Sakit keputihan: ambil satu lembar daun papaya, stu potong aakr rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutkan daun papaya dicincang halus, kemudian  direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.
  3. Mencegah deman nifas. Sehelai daun papaya muda dicaci, iris-iris rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal ½. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari  berturut-turut.
  4. Melancarkan haid. Dua helai daun papaya dicuci tumbuk halus sambil diberi ¼ gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari.
  5. Melancarkan ASI. Beberapa  helai daun papaya dicuci, layukan diatas api. Hangat-hangat ditaruh disekeliling payudara.
  6. Malaria dan deman. Tumbuk daun papaya muda hingga menjadi ½ gelas, tambahkan air ¾ gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.
  7. Menambah nafsu makan. Sehelai daun papaya segar dicuci, lumatkaa beri garam dan air sedikit  demi sedikit sebanyak ¼ gelas, peras. Minum airnya sekaligus.
  8. Malnutrisi. Susu lembar daun papaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan belita 2 sendok makan setiap hari.
  9. Flu. Cuci tiga helai daun papaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak dan empat kali sehari untuk dewasa( berbagai sumber).
  10. Pelembut daging. Para ibu rumah tangga mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat daun papaya untuk melunakkan daging. Kandungan getah ( lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam  daging  dan melunakkannya. Caranya masukkan daun papaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun papaya ketika direbus.
  11. Anti kanker: dari beberapa penelitian dijelaskan batang dan daun papaya mengandung banyak getah putih seperti susu ( white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita menegkonsumsi daun papaya dimasak dengan cara apa pun.
  12.  Memperlancarkan pencernaan : senyawa karpain yang dikandung daun papaya ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan sehingga sfektif untuk menekan penyebab tifus.
  13. Pengontrol tekanan darah : caranya, ambil 5 lembar daun papaya, rebus dengan setengah liter air, rebus terus hingga tinggal ¾. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambhakan gula merah atau muda agar terasa lebih manis🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s