Gizi Untuk Remaja Vegetarian


Semakin banyak remaja yang memilih untuk tidak makan daging, unggas, atau ikan. Mereka menjadi vegetarian. Remaja yang bervegetarian sering mendapatkan tekanan dari orang tua yang memperhatikan kesehatan mereka, dan tekanan dari dalam diri sendiri apakah melanjutkan jalan yang mereka pilih.

Variasi adalah Kunci Pola Makan Vegetarian yang Sehat

Mungkin yang paling banyak ditanyakan oleh remaja vegetarian adalah tentang kecukupan gizi atas makanan mereka. Sebuah pola makan vegetarian dapat diikuti oleh setiap orang. Kunci dari pola makan vegetarian yang sehat adalah makanan yang bervariasi. Seperti orang tua yang prihatin jika Anda hanya makan hamburger, mereka juga cemas jika Anda hanya makan keripik kentang dan salad. Sebuah pola makan vegetarian yang sehat meliputi buah-buahan, sayur-sayuran, banyak daun hijau, produk padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan. Beberapa orang vegetarian juga memilih untuk makan produk susu dan/atau telur.

Remaja vegetarian mempunyai kebutuhan gizi yang sama persis seperti para remaja lainnya. Pada saat berusia antara 13 dan 19 tahun adalah waktu dimana pertumbuhan dan perubahan terjadi sangat cepat. Gizi sangat dibutuhkan sekali selama tahun-tahun tersebut. Bahan gizi yang mungkin ingin Anda tanyakan terutama protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B12.

Apa itu Protein?

Remaja vegetarian Amerika Utara yang memakan berbagai macam makanan vegetarian jarang mendapatkan kesulitan dalam memenuhi kecukupan protein asalkan pola makan mereka berisi cukup energi (kalori) untuk mendukung pertumbuhan. Susu sapi dan keju rendah lemak adalah sumber-sumber protein. Buncis, roti, biji-bijian, kacang-kacangan, selai kacang, tahu, dan susu kedelai juga beberapa makanan yang merupakan sumber-sumber protein yang sangat baik. Hanya buah-buahan, lemak, dan alkohol yang tidak mempunyai banyak protein, dan karena itu pola makan yang bersumber hanya dari buah-buahan, lemak, dan alkohol akan memiliki protein yang terlalu rendah.

Kita tidak perlu merencanakan kombinasi makanan untuk mendapatkan cukup protein atau asam amino (bagian dari protein). Sebuah campuran dari protein nabati yang dimakan setiap harinya akan mencukupi kebutuhan asam amino.

Gizi Penting Lainnya untuk Remaja Vegetarian

Selama masa remaja, kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Kepadatan tulang adalah hal yang menentukan pada masa remaja dan memasuki masa dewasa; jadi sangatlah penting menyediakan tiga atau lebih sumber kalsium yang baik di dalam pola makan Anda setiap hari. Susu sapi dan produk susu juga mengandung kalsium. Bagaimanapun, ada sumber kalsium lainnya yang baik seperti tahu yang diolah dengan kalsium sulfat, sayuran daun hijau termasuk  kacang hijau, sawi hijau, sayur hijau, dan susu kedelai yang diperkuat kalsium serta jus jeruk.

Zat besi yang dibutuhkan oleh remaja relatif tinggi. Dengan mengonsumsi menu yang bervariasi, seorang vegetarian dapat memenuhi kebutuhan zat besinya sambil menghindari kelebihan lemak dan kolesterol yang didapat dari daging merah seperti daging sapi dan daging babi. Untuk menambah jumlah zat besi yang diserap dari suatu hidangan, makanlah makanan yang mengandung vitamin C sebagai bagian dari suatu hidangan. Buah jeruk dan jus (sebagai contoh, jus jeruk), tomat, dan brokoli semua adalah sumber dari vitamin C yang baik. Makanan yang mengandung zat besi yang tinggi termasuk brokoli, kismis, buah melon, bayam, kacang hitam, kacang panjang, dan buncis.

Vitamin B12 adalah suatu vitamin yang hanya dibutuhkan untuk ditambahkan pada pola makan  seorang vegan (seorang vegetarian yang tidak makan susu, telur, daging, ikan, dan unggas. Beberapa produk biji-bijian dan susu kedelai mengandung vitamin B12 (lihat label). Red Star T-6635 nutritional yeast flakes (Formula Pendukung Vegetarian) juga mengandung vitamin B12.

Langkah Sehat Menuju Berat Badan Idealmu

Banyak remaja khawatir dengan pengurangan atau pertambahan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, perhatikan pola makan. Jika mengonsumsi banyak makanan yang manis dan berlemak, gantikan dengan buah-buahan, sayuran, gandum, dan kacang polong. Jika pola makannya sudah cukup sehat, tambahkan olahraga, berjalan, lari, atau berenang setiap hari dapat membantu mengontrol berat badan. Untuk menambah berat badan, lebih banyak kalori dibutuhkan. Mungkin dengan lebih sering makan atau mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan dalam porsi yang lebih kecil akan membantu. Coba makan tiga kali atau lebih dalam sehari baik dalam rangka menurunkan atau menambah berat badan. Sangat sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh apabila kita hanya makan satu kali sehari. Jika Anda merasa tidak dapat mengontrol kebiasaan makan atau jika Anda mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis, Anda harus mendiskusikannya dengan konsultan kesehatan Anda.

Makanan Cepat untuk Orang Sibuk

Sering kita tidak mempunyai cukup waktu untuk makan. Di bawah ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi anak-anak pada saat berpergian. Beberapa dari makanan ini dapat ditemukan di restoran siap saji – periksa menunya. Ide makanan kecil yang bisa dibawa dari rumah termasuk:

Apel, jeruk, pisang, anggur, pir, plum, buah-buahan yang diawetkan, selai kacang tanah, wortel, atau batang seledri, popcorn, kedelai keju pizza, minyak kacang, salad, yogurt kedelai, kue beras, roti lapis, es sari buah.

Manfaat dari Pola makan Vegetarian untuk Kesehatan, Lingkungan, dan juga Hewan!

Gaya hidup vegetarian mewakili sebuah gerakan positif menuju sebuah dunia yang murni dan lebih berbelas kasih, yang mengurangi kelaparan dunia, dan meningkatkan kesehatan seseorang. Jika Anda peduli terhadap lingkungan, maka pertimbangkanlah akibat negatif dari produksi daging bagi hutan hujan tropis, stabilitas tanah, dan kualitas udara maupun air. Jika Anda peduli terhadap hak-hak hewan, maka pikirkanlah tentang miliaran ayam dan hewan-hewan lainnya yang dipotong untuk dimakan setiap tahunnya di Amerika Serikat dan kondisi dimana hewan-hewan dibunuh untuk dimakan semakin meningkat. Jika Anda peduli terhadap kesehatan Anda sendiri, maka pertimbangkanlah bahwa seorang vegetarian secara umum mempunyai risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, beberapa jenis kanker, dan kegemukan yang lebih kecil daripada seorang yang tidak bervegetarian. Untuk edisi elektronik dari brosur kami yang disebarkan secara gratis di internet dan jasa iklan online, maka dapat diperoleh di:

The Vegetarian Resource Group
P.O. Box 1463
Baltimore, MD 21203
(410) 366-8343

Sumber: http://www.vrg.org

Lihat katalog kami untuk daftar penuh dari buku-buku, brosur, stiker-stiker besar, dan kartu-kartu pos.

Beberapa Orang Vegetarian Terkenal

Clara Barton, Lisa Bonet, Albert Einstein, Daryl Hannah, Janet Jackson, Howard Jones, Tony LaRussa, Prince, Linnea Quigley, Paul McCartney, Natalie Merchant, Monie Love, Phylicia Rashad, dan Tom Scholz, ini hanya beberapa nama!

Kontes Esai VRG Tahunan

VRG mengadakan suatu kontes esai tahunan untuk anak-anak vegetarian. Menulis 2 sampai 3 halaman esai atas setiap aspek dari gaya hidup vegetarian. Tulisan sudah harus dikirim sebelum tanggal 1 Mei setiap tahun berjalan. Berhadiah $50 dalam bentuk buku tabungan.

Pamflet Gratis Tersedia Berdasarkan Permintaan

Kirim ke VRG dengan menuliskan alamat sendiri pada sebuah amplop yang sudah dibubuhi perangko dengan sebuah perangko kelas satu (kecuali jika tidak ditetapkan di bawah) untuk setiap brosur berikut.

·        Gaya Hidup Vegetarian secara Singkat

·        Pola makan Vegan secara Singkat

·        Una Pola makana Vegetariana (pamflet vegetarian dalam bahasa Spanyol)

·        Apa Hak-Hak Hewan?

·        Artikel Gaya Hidup Vegetarian dan Lingkungan

Tips untuk Memulai menjadi Seorang Vegetarian/Hak-Hak Hewan/Grup Lingkungan di Sekolahmu atau Kampusmu (tolong sertakan 2 buah perangko kelas satu dalam amplopmu untuk brosur ini)

Apa itu Pusat Grup Vegetarian?

Ahli-ahli kesehatan kami, aktivis-aktivis, dan pendidik-pendidik bekerja dengan perusahaan dan perseorangan untuk membawa perubahan tentang kesehatan di sekolah, tempat kerja, dan komunitas. Ahli pola makan yang terdaftar dan dokter di bidang gizi akan menjawab pertanyaan Anda dan media tentang pola makan vegetarian. Pusat Grup Vegetarian adalah sebuah organisasi nirlaba. Sumber keuangan utama diperoleh dari keanggotaan, sumbangan, dan penjualan buku-buku.

Isi dari artikel ini sama dengan semua publikasi dari Pusat Grup Vegetarian dan tidak dimaksudkan untuk menyediakan nasihat pengobatan pribadi. Nasihat pengobatan harus diperoleh dari seorang ahli kesehatan yang berkualitas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s