Sepuluh Cara untuk Memperkenalkan Diet Vegetarian di Tempat Kerja


Salah satu tindakan yang paling sederhana dan efektif untuk menghentikan perubahan iklim adalah berhenti makan daging dan menjadi vegetarian. Diet vegan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga menjadi suatu cara untuk memperlihatkan kasih kita terhadap seluruh makhluk. Saat ini tanpa hari tanpa bencana alam yang terjadi di suatu sudut dunia. Menurut study New York Times, ternak mempunyai jejak karbon yang lebih besar dibandingkan dengan sayuran. Pada dasarnya, daging sapi menghasilkan 24 kali gas rumah kaca dibandingkan sayur-sayuran.

Sekarang waktunya untuk bertindak hijau dan mengadopsi gaya hidup vegan, termasuk di tempat kerja. Baru-baru ini saya menyadari bahwa saya dapat mengambil keuntungan saat bersama dengan rekan-rekan kerja untuk menjelaskan kepada mereka apa yang saya pahami tentang diet yang dapat meningkatkan kesehatan, kebahagian, dan bahkan produktivitas di tempat kerja.

Ini adalah sepuluh tips lemah lembut dan sopan untuk memperkenalkan pola makan tanpa produk hewani kepada rekan kerja kita serta memulai percakapan mengenai mengapa pola makan vegan begitu luar biasa:

1. Bawa cemilan vegan ke tempat kerja. Di kantor saya, permen ada di mana-mana. Untuk mengganti satu mangkuk permen di meja kerja Anda, taruhlah satu piring biskuit coklat vegan buatan Anda sendiri atau kue coklat vegan untuk dicicipi oleh rekan kerja Anda. Semua orang akan mengatakan cemilan itu sangat enak. Mereka tidak perlu tahu bahwa itu tidak memakai produk hewani sampai mereka mengambil dan menggigit barulah Anda dapat mengejutkan mereka!

2. Tawarkan makan siang vegan di perusahaan. Di beberapa tempat kerja, karyawan mempunyai kebiasaan makan siang bersama dan mereka masing-masing membawa beberapa makanan. Mengapa tidak membawa makanan vegan yang lezat untuk mereka coba? Pada umumnya orang-orang sangat terbuka untuk mencoba makanan baru dan sekali mereka menggigit makanan yang lezat yang Anda buat, mereka pasti ingin mengetahui lebih tentang cara hidup vegan.

3. Bungkus satu makanan vegan untuk makan siang dan untuk dibagikan. Ruang makan siang Anda akan dipenuhi dengan wangi harum yang mengundang air liur dari makanan Anda dan itu pasti akan membuat rekan kerja Anda mencari tahu apa yang ada di piring Anda. Anda bisa dengan gembira mengatakan kepada mereka, “Ini adalah vegan dan sangat enak!” Tawarkan untuk berbagi sebagian dari makan siang Anda kepada mereka.

4. Hias ruangan atau kantor Anda dengan promosi vegan yang sederhana. Beberapa pesan politik dan religius tidak disetujui di beberapa tempat kerja, tapi tidak ada salahnya jika kita menempatkan satu pesan tentang diet vegan di lembaran yang diperkenankan. Bagaimanapun, sebagian besar perusahaan mengizinkan karyawannya untuk menghias kantornya agar menjadi lebih indah. Oleh karena itu mengapa tidak menaruh suatu pesan berkenaan dengan pendidikan terhadap diet vegan? Jika Anda mencari poster, silakan ikuti situs di akhir artikel ini.

5. Berikan satu hadiah vegan. Beberapa perusahaan kadang merayakan acara nasional atau hari keagamaan. Orang sering membawa makanan untuk berbagi dengan rekan kerja mereka dan kadang saling tukar hadiah. Ambil kesempatan ini untuk berbagi makanan vegan. Jika tukar hadiah, tawarkan buku resep vegan buatan Anda sendiri yang berisi resep favorit Anda untuk membantu rekan kerja Anda mulai memasak makanan vegan untuk diri mereka sendiri.

6. Rayakan acara global dengan spesial. Apakah Anda memerlukan satu alasan khusus untuk membawa makanan vegan ke tempat kerja? Jika ya, pilih salah satu dari sekian banyak perayaan seperti Jam Bumi (Maret), Hari Bumi (April), Hari Vegetarian Dunia (Oktober), dan sebagainya. Daftar ini tidak akan pernah habis. Hari yang spesial dapat menjadi satu alasan bagi Anda untuk membagikan biskuit gandum vegan atau sepiring makanan veggie pedas untuk ditawarkan ke rekan kerja Anda sehingga Anda dapat memulai percakapan tentang diet vegan.

7. Meluncurkan Grup Pecinta Lingkungan Karyawan. Sebagian besar atasan yang mempunyai pola pikir luas sering mendorong karyawannya untuk menjadi sukarelawan di dalam masyarakat. Anda dapat membuat satu proposal kepada atasan untuk mulai membuat grup lingkungan karyawan. Sebagai contoh, di setiap departemen dalam pemerintahan Kanada ada grup lingkungan karyawan. Grup ini dapat membantu organisasi untuk mengadopsi bisnis penghijauan atau dapat juga mengorganisir karyawan dalam pameran dengan makanan vegan lokal untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjadi vegan. Hal ini dapat menjadi kesempatan besar untuk mengembangkan keterampilan pekerjaan dan jaringan dengan karyawan di perusahaan lain.

8. Menjadi model vegan yang modis. Pakailah baju olahraga vegan dan tunjukkan ke teman Anda bahwa menjadi vegan tidak hanya meliputi makanan tetapi juga meliputi pakaian yang modis. Banyak perancang mode sekarang ini membuat model pakaian yang vegan, seperti sepatu dan tas yang dibuat tanpa memakai produk hewan seperti kulit, sutera dan wol. Sebagai gantinya, serat buatan manusia, katun organik, tali rami, atau bahan lainnya yang ramah lingkungan dapat digunakan. Teman Anda akan kagum ketika Anda mengatakan bahwa pakaian Anda adalah vegan.

9. Memesan menu vegan pada suatu jamuan makan perusahaan. Orang sering berpikir bahwa sangatlah sulit untuk makan vegan ketika pergi keluar untuk urusan bisnis pada waktu makan siang atau makan malam. Buktikan bahwa mereka salah dengan memesan makanan vegan atau meminta rumah makan untuk membuat satu piring makanan vegan untuk Anda. Rekan kerja Anda akan melihat bahwa makan di luar tidak harus selalu dengan daging, sekarang banyak rumah makan yang terbuka dengan menu vegan. Nanti, mereka akan mengatakan bahwa Andalah satu-satunya orang di ruangan yang berenergi untuk melanjutkan pekerjaan setelah makan, sementara yang lainnya siap untuk tidur setelah mereka mengonsumsi makanan berat dari daging.

10. Tanyakan apakah makan siang perusahaan yang berikutnya dapat di restoran yang murni vegan – Beberapa perusahaan menyediakan makanan untuk staf pada rapat khusus. Jika Anda yang bertanggung jawab untuk mengorganisir acara itu, Anda bisa mengusulkan agar makanannya vegan lalu jelaskan manfaatnya bagi kesehatan serta  lingkungan, selain itu ini juga dapat meningkatkan citra dari perusahaan. Sebagai sebuah bonus, satu piring makanan vegan cenderung lebih murah, jadi tidak hanya manyenangkan hati, tetapi juga mengurangi beban perusahaan. Bukankah atasan Anda menyukai hal itu?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s