Penting untuk Vegetarian! Menu Makan Harus Cukup Protein


Menjadi vegetarian adalah gaya hidup. Banyak yang beralasan bahwa menjadi vegetarian demi karena kesehatan. Bagaimana seharusnya pola makan seorang vegetarian?

Menjadi seorang vegetarian perlu perencanaan yang tepat, agar apa yang dilakukan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Menu makanan kaum vegetarian pun harus diatur dengan tepat agar dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan semua zat gizi, terutama kandungan protein.

Adapun asupan gizi yang diperoleh dari bahan pangan nabati seperti kacang-kacangan, antara lain kedelai dan bisa diolah menjadi tahu atau tempe.Tahu dan tempe misalnya bisa diolah menjadi perkedel tempe, steak tempe atau sup tahu.

Dokter Umum RSUAM, Yeni Eka Jayani mengatakan, menjadi vegetarian ada sisi positif dan negatifnya. Di satu sisi manfaat yang bisa diperoleh diet vegetarian, yakni mencegah berbagai jenis penyakit degeneratif.

Seperti kolesterol tinggi, jantung koroner, asam urat, hipertensi, diabetes, asam urat dan kanker. Sejumlah penyakit ini, biasanya dipicu oleh pola makan, lemak hewani yang tinggi, protein, garam, gula tinggi, namun rendah serat.

Namun, di sisi lain kekurangan dari diet vegetarian, adalah minimnya asupan produk hewani yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya, kekurangan asam lemak, omega 3, vitamin B12, kalsium dan beberapa jenis mineral.

Adapun efek negatifnya, akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan seseorang. Oleh sebab itu, pola diet vegetarian tidak dianjurkan bagi anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan🙂

1 Response so far »

  1. 1

    Kristianus said,

    Tapi sebagian orang bilang vegetarian dapat dimulai dari masa kanak kanak, bagaimana seharusnya ya..??, mohon masukan, karena anak anak kami telah 6 bulan menjalani kehidupan vegetarian secara moderat. Terima kasih


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s