Manfaat Jeruk


Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing lagi dengan buah jeruk. Selain enak rasanya, buah jeruk juga mengandung vitamin C. buah yang memiliki keragaman jenis yang cukup kaya ini, menyimpan berbagai manfaat bagi manusia. Diantaranya dalam pembuatan minyak wangi, karena kandungan dengan minyaknya yang beroma sangat tajam. Untruj ( jeruk) banyak manfaat. Ia tersusun dari beberapa unsur meliputi: Kulit, dagingh buah, zat asam dan biji. Diantara manffat kulit jeruk ialah jika diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan dimulut bisa mengahrumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan  dalam campuran makanan. Perasaan kulitnya dapat digunakan sebagai pemablut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra. Adapun daging buahnya bermanfaat unutk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat  bagi penderita penyakit empedu. Memakan dagingnya  bermanfaat terhadap wasir ( sembelit). Sedangkan mengenai bijinya bermanfaat terhadap bisa ( racun) yang mematikan dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudia air rendaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal ( dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan. Khasiat bijisitrum bermanfaat terehadap sengatan kaljengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merndam pada tempat sengatan. Bijinya bermanfaat terhadap sengatan. Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.

Khasiat jeruk manis (Citrus Aurantium)

Jenis ini sering dikonsumsi manusia sebagai bauh pencuci mulut. Mengandung kadar gula dan vitamin C cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi pertahanan tubuh, pengobatan panas dalam serta sariawan. Sering mengkonsumsinya terutama bagi anak2. Memberikan efek sangat baik bagi daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat jeruk nipis (Citrus Aurantifolia Swingle)

Tidak sebatas hanya sebagai bagian dari bahan dapur atau bahan kosmetik semisal shampoo, jeruk nipis juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit. Sebagai obat tradisional yang tentunya relative mudah diperoleh, murah, praktik, alamiah serta tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya. Berikut ini adala beberapa manfaat jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari:

Batuk tanpa deman

 cara membuat ramuannya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Kemudian tambhakan madu sebanyak perasaan air jeruk. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Minum 3 kali sehari dengan dosis satu sendok makan untuk orang dewasa dan setengah sendok the untuk anak-anak.

Obat batuk disertai pilek

 bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, minyak kayu putih dan jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan  minyak kayu putih dan kapur  sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher, dan punggung penderita sakit batuk pilek.

Sakit deman pada anak

Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, 3 suing bawang merah satu suing bawang putih, satu sendok, minyak kelapa dan garam secukupnya.

Caranya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Bawang merah dan bawang putih diparut kemudian ditambahkan garam dna minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air jeruk nipis dan parutan bawang yang telah bercampur dengan minyak kelapa dan garam tadi. Kompreskan secara merata pada dahi terutama ubun-ubun.

Obat panas, menggigil, dingin

Bahan: satu buah jeruk nipis, setengah pelepah daun papaya, kencur satu ruas jari.

Cara membuat ramuan: jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan 3 gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum 3 gelas sehari sebanyak setengah gelas.

Obat batuk secara umum

Bahan: satu buah jeruk kecap dan madu secukupnya

Cara membuat ramuan: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumlah pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak 3 kali sehari satu sendok the 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s