Vegetarian Adalah Prius Baru


 

Penelitian Baru Menyatakan bahwa Apa yang Anda Makan Sama Pentingnya dengan Apa yang Anda Kendarai
Presiden Herbert Hoover sekarang mulai membandingkan “ayam di setiap piring dengan mobil di setiap garasi.” Setelah muncul dampak-dampak pemanasan global hingga ke tingkat yang membahayakan, banyak orang yang telah mengesampingkan masalah mobil-mobil ini. Mereka sekarang lebih mengkhawatirkan masalah ayam-ayam.

Bulan lalu, PBB mengeluarkan sebuah laporan tentang peternakan dan lingkungan dengan kesimpulan yang mengejutkan. Sektor peternakan merupakan satu dari dua atau tiga kontributor paling signifikan dalam masalah lingkungan, dalam setiap skala, mulai dari lokal hingga ke global.” Ternyata mengembangbiakkan ternak untuk makanan menjadi penyebab utama dari berkurangnya kesuburan lahan, polusi udara, kekurangan air, polusi air, berkurangnya keanekaragaman flora dan fauna, serta yang tidak kalah penting dari semuanya adalah pemanasan global.

Ini benar, pemanasan global. Anda mungkin pernah mendengar cerita: emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida sedang mengubah iklim kita, dan para ilmuwan memperingatkan kita tentang pola cuaca yang jauh lebih ekstrem, banjir, penyebaran penyakit, dan kepunahan masal. Ketika Anda bertanya apa yang akan terjadi dengan berbagai bencana yang terjadi saat ini, Anda mungkin harus memikirkan ulang apa yang telah Anda makan di malam sebelumnya. Laporan PBB mengatakan bahwa hampir seperlima dari emisi pemanasan global berasal dari peternakan (ayam-ayam yang Hoover, ditambah babi, sapi, dan lain-lain) – emisi yang dikeluarkan mereka jauh melebihi emisi gabungan dari transportasi di seluruh dunia.

Setelah satu dekade, kesan Leonardo DiCaprio dengan mobil Toyota hybrida Priusnya telah menggambarkan standar emas untuk orang yang ramah lingkungan. Kendaraan yang memangkas banyak emisi tersebut telah memberi simbol ramah lingkungan dari konsumen yang membelinya. Coba pikir: mobil itu dapat memangkas setengah dari emisi kendaraan biasa di AS, negara yang menghasilkan 25% emisi gas rumah kaca dunia. Standar ekonomi bahan bakar melemah di kongres, dan rata-rata jarak tempuh kendaraan telah turun sampai ke tingkat yang paling rendah dalam beberapa dekade terakhir, tetapi Prius menunjukkan kepada kita bahwa itu merupakan alternatif yang baik. Sayangnya Toyota tidak dapat mengimpor mobil-mobil tersebut dengan cepat untuk memenuhi permintaan.

Tahun lalu para peneliti di Universitas Chicago melepaskan perhatiannya dari Prius ketika mereka mulai memperhatikan gas-gas rumah kaca lain. Mereka mencatat bahwa memberi makan hewan untuk memperoleh daging, susu, dan telur membutuhkan hasil panen sepuluh kali lipat daripada pasta vegetarian, daging ayam kedelai, dan makanan nabati lainnya. Di atas semua itu, kita harus mengangkut hewan-hewan tersebut ke rumah jagal, menyembelih mereka, membekukan daging mereka, dan mendistribusikan daging mereka ke seluruh negeri. Untuk memproduksi satu kalori protein daging berarti membakar lebih dari sepuluh kali lipat bahan bakar fosil dan mengeluarkan lebih dari sepuluh kali lipat panas yang tersimpan di dalam karbon dioksida serta kalori yang tersimpan di tanaman. Para peneliti menemukan bahwa jika seluruhnya dijumlahkan maka rata-rata penduduk Amerika dapat mengurangi pemanasan global jauh lebih banyak dengan menjadi seorang vegetarian dibandingkan beralih ke mobil hibrida Toyota Prius.

Menurut laporan PBB, hal tersebut bahkan menimbulkan akibat yang lebih buruk jika kita mengikutsertakan penggunaan lahan yang begitu luas untuk memproduksi daging steak dan potongan daging babi. Peternakan menggunakan 70% dari semua lahan pertanian, dan 30% dari total seluruh permukaan tanah di planet ini. Sebagai hasilnya, hewan ternak menjadi penyebab utama penebangan dan kebakaran hutan dunia. Sekarang, 70% hutan hujan tropis Amazon digunakan untuk padang rumput untuk memberi makan hewan ternak. Hutan-hutan ini sebenarnya mempunyai peranan yang sangat penting seperti tempat cuci tangan, menyerap karbon dioksida dari udara, dan semua karbon dioksida yang tersimpan akibat terbakarnya hutan-hutan ini. Jumlah ini melebihi emisi bahan bakar fosil yang digunakan dalam rantai produksi peternakan.

Hal tersebut tampaknya belum yang terburuk, penyebab yang terburuk adalah gas-gas di luar gas karbon dioksida, yaitu gas metana dan dinitrogen oksida. Gas rumah kaca itu sangat intensif yang mempunyai efek pemanasan 23 dan 296 kali lebih besar daripada karbon dioksida. Jika karbon dioksida bertanggung jawab atas setengah dari gas rumah kaca sejak revolusi industri, maka metana dan dinitrogen oksida bertanggung jawab atas sepertiga lainnya. Gas-gas super kuat ini terutama berasal dari proses pencernaan hewan serta kotoran mereka. Peternakan telah menyumbang 9% karbon dioksida, 37% metana, dan 65% dinitrogen oksida.

Memang sulit dimengerti mengapa seekor ayam kecil yang menetas dari telurnya, seekor hewan seperti sapi dapat menyumbang gas rumah kaca yang mempengaruhi iklim global? Jawabannya ada di dalam jumlah mereka. Di Amerika Serikat sendiri mereka menyembelih sekitar 10 juta hewan darat setiap tahunnya, semuanya karena sifat rakus kita, semua ini tidak dapat dibandingkan dengan zaman dahulu dimana “sepotong ayam di atas piring” sudah merupakan makanan yang sangat mewah. Hewan-hewan darat dikembangbiakkan untuk menjadi makanan sehingga memerlukan 20% dari seluruh lahan di dunia. Sebenarnya kita sekarang sedang menyantap planet kita sampai habis.

Apa yang kita lihat sekarang hanyalah permulaan saja. Konsumsi daging telah meningkat 5 kali lipat sejak lima puluh tahun yang lalu, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat lagi di lima puluh tahun kemudian.

Hal tersebut sepertinya menjadi berita buruk bagi kita, tetapi sebenarnya kita mempunyai senjata baru yang sangat ampuh untuk menanggulangi krisis lingkungan yang paling serius yang sedang dihadapi oleh umat manusia. Prius adalah langkah ke depan yang penting, tetapi ada berapa orang yang dapat pergi ke pasar dengan mobil baru? Sekarang, kita telah mengetahui pola makan yang lebih ramah lingkungan yang bahkan lebih efektif bila dibandingkan dengan mobil yang ramah lingkungan. Kita dapat membuat perbedaannya dalam setiap porsi makanan kita, hal yang sederhana sekali, hanya menghilangkan daging di atas piring kita. Siapa yang dapat mengira: itu bukan saja baik untuk kesehatan kita tetapi juga baik untuk kesehatan planet ini!

Menjadi vegetarian lebih ramah lingkungan daripada mengendarai sebuah Prius. Prius memangkas emisi karbon dioksida yang mengurangi dampak pemanasan secara perlahan-lahan, siklus karbon dioksida setidaknya memerlukan waktu satu abad agar dapat dicerna alam. Tetapi gas metana dari peternakan bertahan di atmosfer hanya satu dekade saja. Itu berarti menghentikan konsumsi daging dapat mendinginkan planet lebih cepat.

Planet ini tidak saja semakin dingin, tetapi juga semakin bersih. Sektor peternakan menggunakan air paling banyak di negara ini, menghasilkan dua per tiga amonia yang menyebabkan hujan asam di dunia, dan itu adalah sumber terbesar polusi air, kematian di seluruh ekosistem laut dan sungai, menghancurkan terumbu karang, dan tentu saja membuat orang sakit. Coba bayangkan, jumlah kotoran hewan sangatlah banyak: 5 juta ton per hari! Jumlah ini lebih banyak seratus kali lipat dari kotoran manusia, dan terlebih lagi tanah kita tidak dapat mengurainya. Berton-ton kotoran terbentang di sepanjang pinggiran kota, menghasilkan polusi udara, dan mengontaminasi air kita, ini tidak ada bedanya dengan limbah minyak Exxon Valdez. Yang dapat kita lakukan hanyalah dengan melepaskan sayap ayam dan beralih ke burger vegie.

Tindakan ini semakin mudah. Beberapa tahun belakangan ini telah terjadi ledakan makanan vegetarian yang ramah lingkungan. Bahkan seperti Ruby Tuesday, Mc Donald, dan Burger King sudah menawarkan burger vegie. Selain itu, kulkas di supermarket juga telah dipenuhi dengan susu kacang kedelai yang sehat dan daging vegie yang lezat. Makanan vegetarian telah menjadi makanan pokok dalam pertemuan lingkungan, dan artis-artis seperti Bill Maher, Alec Baldwin, Paul McCartney, dan tentu saja Leonardo DiCaprio juga turut mendukung pola makan vegetarian. Seperti sebuah mobil Prius, setiap individu dapat membantu melawan masalah yang membahayakan masa depan umat manusia dengan menjadi vegetarian untuk menurunkan emisi kita secara dramatis. Cara ini jauh lebih efektif dan lebih mudah dilakukan oleh banyak orang daripada harus membeli mobil Prius🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s