Tips Bervegetarian


Anda tertarik untuk bervegetarian?

Berikut ini adalah tips untuk memulai kehidupan bervegetarian

· Bervegetarian membutuhkan penyesuaian tubuh secara bertahap. Kondisi metabolisme masing-masing individu berbeda. Ada yang dapat langsung meninggalkan daging, susu dan telur. Namun ada pula yang hanya sanggup meninggalkan daging saja dan masih mengkonsumsi telur dan/atau susu.

· Bila Anda tak yakin dengan kondisi tubuh Anda mulailah dengan lacto-ovo vegetarian yaitu Anda mengkonsumsi biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan ditambah dengan susu dan telur. Anda dapat menjalaninya selama beberapa tahun atau beberapa bulan sebelum Anda melangkah ke pola konsumsi yang murni naba (vegan).

· Anda bervegetarian tapi juga merokok? Ini adalah paduan yang tidak tepat karena merokok sama jeleknya dengan makan daging.

· Anda bervegetarian tapi suka minum minuman beralkohol? Alkohol juga membahayakan kesehatan Anda seperti halnya daging.

· Senyumlah atau minimal bersikap pasif bila orang lain mentertawakan pola makan Anda. Bervegetarian tidak menghalangi Anda untuk mempunyai rasa humor yang tinggi bahkan terhadap diri sendiri.

· Anda bervegetarian tapi suka murung, jarang tersenyum, bahkan suka marah-marah ? Anda merasa jengkel atas perlakuan yang tak pantas dari seseorang yang tidak bervegetarian yang mengolok-olok pola makan Anda? Berarti Anda belum memahami semangat bervegetarian yang sesungguhnya. Bervegetarian adalah sebuah upaya pengendalian diri dan sebuah upaya untuk memancarkan kasih sayang kita kepada semua makhluk termasuk orang yang tidak bervegetarian.

· Anda dapat menjelaskan kepada orang lain bahwa Anda bervegetarian karena alasan kesehatan atau lingkungan hidup. Biasanya orang lain mudah menerima alasan Anda. Bila Anda cukup percaya diri, Anda juga dapat menjelaskan aspek spiritual keagamaan dari vegetarianisme.

· Sebagai vegetarian Anda wajib mengetahui pola makan yang sehat dan seimbang. Untuk itu Anda membutuhkan pengetahuan mengenai nutrisi /gizi. Ikutilah seminar-seminar vegetarian yang membahas masalah gizi. Bila Anda bervegetarian asal-asalan saja dan dengan menu yang itu-itu saja maka alih-alih Anda bertambah sehat justru Anda akan jatuh sakit.

· Pola makan yang seimbang adalah pola makan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

· Komposisi pola makan yang seimbang kurang lebih sebagai berikut : Karbohidrat 50%, Vitamin dan Mineral 25% , Protein 20% dan Lemak 5%.

· Walaupun Anda bervegetarian, Anda masih tetap dapat jatuh sakit. Anda dapat terinfeksi oleh berbagai virus dan bakteri sama seperti non-vegetarian. Jangan merasa heran bila sesekali Anda menderita influenza misalnya. Vegetarian bukan membuat Anda menjadi manusia super yang tidak dapat jatuh sakit tapi bervegetarian mengurangi kemungkinan Anda terserang penyakit yang melanda mayoritas manusia yang tidak bervegetarian.

· Anda harus mengucapkan selamat tinggal kepada hampir segala jenis permen “strong” seperti Polo dan sejenisnya dan segala jenis permen lunak, sebab permen-permen ini mengandung bahan dari tubuh hewan seperti gelatin (dari tulang-tulang hewan) dan sejenisnya.

· Anda juga harus teliti membaca ingredient atau komposisi bahan segala jenis biskuit, coklat, keju, mentega, margarin, dan es krim yang seringkali mengandung emulsifier hewani.

· Bervegetarian tidak berarti Anda harus makan makanan yang mahal. Anda dapat memilih menu makanan yang murah meriah namun tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

· Anda suka makan buah dengan garam atau gula? Anda semestinya tidak mengkonsumsi gula atau garam secara berlebihan. Gula dalam sehari semestinya tidak lebih dari 2 sendok makan dan garam tak lebih dari 1 sendok teh. Perhatikanlah bahwa garam dan gula seringkali terkandung dalam lauk pauk Anda, jadi lebih baik tidak mengkonsumsi gula atau garam secara langsung.

· Bila Anda bervegetarian namun teman-teman Anda tidak, usahakan agar Anda tidak mengasingkan diri saat makan, namun justru makan bersama-sama dengan mereka dengan menu vegetarian Anda, atau Anda dapat mengajak mereka ke restoran vegetarian. Secara tidak langsung, Anda telah mempromosikan vegetarianisme.

· Bila Anda bepergian keluar kota, Anda dapat mencari informasi mengenai restoran vegetarian terdekat di kota tersebut sebagai persiapan. Kunjungilah web site organisasi vegetarian atau kirim email ke organisasi vegetarian untuk memperoleh informasi tersebut.

· Bila Anda bervegetarian dan juga rajin berolahraga maka Anda akan semakin sehat dan prima. Anda dapat memilih jenis olahraga yang tidak mengeluarkan banyak biaya seperti lari pagi atau jalan cepat.

· Usahakan agar Anda minum air yang cukup yaitu minimal 2 liter air sehari.

· Jangan terlalu banyak mengkonsumsi air soda seperti Coca Cola, Pepsi Cola, Sprite, Fanta dan sejenisnya sebab minuman seperti ini mengandung banyak gula dan bahan kimia, sekali-sekali boleh tapi jangan setiap hari..

· Untuk kebutuhan air setiap hari, Anda dapat mengkonsumsi air mineral atau air biasa.

· Jangan minum air sambil makan. Air akan menceraiberaikan kembali makanan yang mulai dipadatkan di dalam lambung. Sebaiknya kita minum air 1 sampai 2 jam sebelum atau setelah makan. Kalau terpaksa harus minum air setelah makan makanan yang pedas atau berminyak, janganlah lebih dari satu gelas air. · Bervegetarian dapat menyembuhkan insomnia (susah tidur).

· Anda bervegetarian tapi suka tidur setelah jam 12 malam? Hentikan kebiasaan buruk ini. Usahakan agar Anda dapat tidur paling lambat sekitar jam 10 malam. Anda tetap harus beristirahat secukupnya yaitu antara 6 hingga 8 jam sehari tergantung metabolisme tubuh Anda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s