Manfaat Mangga


Mangga( Mangiferaindica) adalah buah tropis. Ketika masih mentah( muda) buah ini pun banyak dicari untuk rujak dan dicari oleh wanita yang hamil. Manga adalah tanaman buah asli dari India.Mangga memiliki banyak varietas. Ada yang menyebutkan setidaknya terdapat  2000 jenis mangga di dunia. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah mangga ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Sebab buah ini mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Khasiat mangga:

  1. Para ahli menyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut betacrytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.
  2. Mangga juga kaya vitamin antioksi dan seperti vitamin C  dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu system  pencernaan. Sebagaian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.
  3. Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu yaitu bersifat pengelat( astringent), peluruh urine, penyegar, penambahan nafsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.
  4. Kandungan samgalat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik  untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
  5. Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagaipenyakit, diantaranya radang kulit,influenza, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas ,radang borok  . Selain itu juga mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mules, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik

Cara Mengatasinya;

  1. Untuk mengatasi radang  kulit yang digunakan adalah kulit buah mangga. Caranya 150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat air rebusan ini dipakai untu kmencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.
  2. Penyakit influenza juga bisa diatasi dengan buah ini. Caranya, 200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. kemudian  airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.
  3. Mereka yang biasa mabuk perjalanan juga bisa memanfaatkan mangga untuk mengatasinya. Caranya mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah  hangat tambahkan madu secukupnya  dan 10 cc air jeruknipis lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya ramuan ini diminum selagi hangat🙂

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    intanps said,

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s