Hak Binatang Di Bumi


Banyak Negara di seluruh dunia yang telah mengembangkan tindakan welas asih untuk melindungi binatang yang tak berdosa, termasuk binatang yang hidup di lautan biru. Semakin banyak pemimpin dan orang-orang tercerahkan yang bekerja ke arah yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan para binatang.

Satu dari rencana Amerika Serikat dalam hal perlindungan laut telah disetujui. Papan pengumuman yang berisi larangan memancing di sepanjang 200 mil persegi (m2) perairan Kalifornia Tengah telah dipasang. Tiga belas dari dua puluh sembilan undang-undang perlindungan laut yang diajukan oleh Komisi Perikanan telah membatasi aktivitas memancing yang bersifat komersial dan rekreasi. Memancing di air dalam akan dilarang di 16 area yang masih ada. Para komisaris dan pencinta lingkungan percaya bahwa tindakan ini adalah suatu tanda baik bagi pelestarian laut. Uni Pelestarian Dunia sedang mencoba melindungi lautan yang indah! Suatu petunjuk baru untuk melindungi laut telah diuraikan secara singkat oleh Uni Pelestarian Dunia. Pada KTTnya yang membahas tentang Area Perlindungan Perairan Laut yang diselenggarakan pada bulan April, Tahun Emas 4 (2007), di Washington D.C, 50 ahli kelautan dan pelestarian lingkungan datang bersama untuk merencanakan perluasan area perairan yang dilindungi. Dan Laffoley, wakil ketua kelautan Komisi Dunia terhadap Area yang Dilindungi berkata, “Lautan kita memainkan peranan penting dalam membentuk dan mengatur iklim.”

Negara-negara Pasifik Selatan telah setuju untuk menghentikan penggunaan pukat untuk melindungi kehidupan laut. Sebuah persetujuan ditandatangani di Chili untuk melindungi seperempat dari lautan dunia. Pukat yang merupakan alat yang digunakan oleh perahu pemancing akan dilarang. Sistem monitoring akan diset untuk mengontrol pelaksanaan peraturan baru. Matthew Gianni, seorang juru bicara dari Koalisi Pelestarian laut saat menyambut pergerakan tersebut berkata, ”Ini adalah langkah maju yang utama dalam perlindungan terhadap keanekaragaman hayati di lautan bebas. Pemerintah Swedia telah memberikan kontribusi yang penting terhadap pelestarian lingkungan laut! Pemerintah tersebut mengalokasikan 500 juta kronor atau 71 US$ untuk proyek perlindungan laut dengan periode 3-tahunan. Menteri Lingkungan Hidup Andreas Carlgren dan menteri luar negeri Swedia untuk Uni Eropa, Cecilia Malmstrom, menyatakan bahwa anggaran ini akan membantu memperbaharui lingkungan di Laut Baltik dan Laut Utara.

Beraneka ragam proyek akan dimulai, termasuk mengoksidasi dasar laut dan memulai kembali jalan migrasi laut alami dari beraneka ragam spesies ikan. Swedia juga akan bekerja sama dengan negara-negara di Laut Baltik yang lain dan Uni Eropa untuk melindungi lingkungan di dalam laut ini.

Pemerintah Inggris akan mempublikasikan sebuah brosur yang dirancang untuk mendukung bangsa-bangsa yang menentang penangkapan ikan paus untuk ikut serta dalam komisi ini. Brosur tersebut menyebutkan bahwa ikan paus merupakan “makhluk sosial yang sensitif” dan menyatakan bahwa perlindungan ikan paus adalah sebuah tanggung jawab global. Perdana Menteri Inggris Tony Blair adalah pendukung anti penangkapan ikan paus. Beliau mengatakan “Kami mendesak berbagai pemerintah untuk ikut serta dengan Inggris dan bangsa-bangsa anti penangkapan paus yang lain di Komisi Penangkapan Paus Internasional untuk memastikan bahwa generasi kita adalah generasi yang sadar untuk melindungi ikan paus. Pada berita perlindungan kehidupan liar, lima negara di Afrika Selatan merencanakan sebuah batas area perlindungan kehidupan liar. Inisiatif ini akan sangat menguntungkan kumpulan gajah Afrika. Para Menteri Lingkungan Hidup dari 5 negara Afrika Selatan berencana untuk mengembangkan 111.000 mil persegi (mil2) (atau 288.000 km2) Afrika menjadi wilayah perlindungan batas terbuka dan bebas jelajah. Jarak jelajah yang meningkat akan menguntungkan sekitar 150.000 gajah. Masyarakat Anti-Pembedahan Nasional (NAVS) dan Pelindung Binatang (ADI) sedang menayangkan berita dimana Irlandia bisa menjadi Negara Eropa pertama di dunia yang melarang percobaan laboratorium pada kera. Kemajuan ini telah dibuat setelah kampanye panjang di Uni Eropa .

Para ilmuwan Eropa baru-baru ini mengumumkan bahwa percobaan yang akhir-akhir ini dilakukan terhadap binatang hidup sekarang dapat dilakukan dengan model manusia. Penemuan ini akan menyelamatkan kehidupan dari 20.000 kelinci per tahun dan 240.000 tikus. Ilmuwan Eropa sudah tidak menggunakan kelinci dan tikus untuk mengetes kosmetik dan cairan pencuci piring. Para ilmuwan mengumumkan bahwa tes yang baru lebih dapat dipercaya untuk mengecek keamanan bahan-bahan kimiawi pada make up dan produk-produk lain. Suatu larangan lengkap terhadap tes binatang untuk kosmetik akan mulai terlihat jelas pada Tahun Emas 6 (2009). Di Amerika Serikat, banyak orang dan organisasi yang bekerja sama untuk mempromosikan hak-hak binatang. Pada tanggal 10 April, Tahun Emas 4 (2007), Aksi Pelarangan Adu Binatang diajukan oleh senat Amerika Serikat. Keputusan tentang hal ini telah diambil oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Momen kemenangan untuk hak binatang setelah melakukan 6 tahun kampanye telah membuahkan hasil. Undang-undangnya sekarang telah ditandatangani oleh Presiden Bush dan akan diberlakukan dengan segera.

Di Inggris, Aksi Kesejahteraan Binatang diterapkan di Wales. Aksi Kesejahteraan Binatang tersebut akan meyakinkan bahwa semua hewan peliharaan akan diberikan jaminan kesejahteraan yang mendasar seperti air segar, kondisi hidup yang cocok, perlindungan dari luka, dan kemampuan untuk mengekspresikan tingkah laku normal. Hal ini telah berpengaruh pada peraturan untuk pencegahan kekerasan terhadap binatang (RSPCA), yang telah lama mengantisipasi UU yang baru. Masyarakat Palang Merah Amerika di Texas, Amerika Serikat, baru-baru ini menyelenggarakan kursus pertolongan pertama yang menginstruksikan penjaga hewan peliharaan tentang bagaimana memperlakukan hewan peliharaan dalam situasi krisis. Para penjaga belajar mengenai tips-tips penyelamatan hidup yang meliputi bagaimana menolong binatang yang susah bernafas, bagaimana membawa binatang yang terluka, dan bagaimana menyadarkan binatang dengan tekanan jantung (CPR). Para dokter dan perawat sering sekali memperlakukan binatang sama perhatiannya dengan memperlakukan manusia. Di Chicago, Amerika Serikat, sebuah tim medis mengangkat kanker dari pelupuk mata kanan seekor beruang dengan berat badan 300 pon. Di Jerman, sebagai operasi pertama untuk jenis ini, suatu tim medis menyelesaikan operasi mata dengan frekuensi suara yang sangat tinggi terhadap seekor bayi badak untuk menyembuhkan kebutaannya semenjak lahir yang disebabkan oleh katarak.

Ahli Biologi, Donna Shaver telah mengabdikan  lebih dari 20 tahun hidupnya untuk menyelamatkan satu dari spesies yang paling terancam di dunia, kura-kura laut dari Kemp Ridley. Menurut Pelayanan Taman Nasional, Dr. Shaver adalah ahli kura-kura laut Kemp Ridley yang terancam dan pemimpin dalam hal Biologi serta pemulihan kura-kura laut. Rekaman menyatakan bahwa berkat usaha Dr. Shaver, lebih dari 24.000 kura-kura Kemp Ridley telah menetas dengan selamat dan membuat jalan pulang ke rumah mereka di laut. Kami gembira dapat melihat ada semakin banyak orang yang mengambil bagian untuk melindungi hewan, teman kita di Bumi, termasuk makhluk-makhluk air. Semakin banyak perhatian juga diberikan untuk mengurangi jumlah polusi laut, termasuk kontaminasi minyak dan sisa-sisa plastik di laut yang dapat menyebabkan luka atau kematian kepada binatang laut dalam jumlah yang besar. Kami berterima kasih atas semua usaha pemerintah, organisasi, serta individu dalam hal penyelamatan lingkungan 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s