Kacang Kedelai Yang Sensional


Kacang kedelai sungguh merupakan makanan super dari alam dan saat ini dibudidayakan di berbagai negara di seluruh dunia seperti: Amerika, Brasil, Argentina, Indonesia, China, dan India. Mereka mengandung protein tinggi, kolesterol rendah, dan sangat serbaguna. Kacang kedelai dapat digunakan untuk membuat susu kacang, es krim kedelai, keju kacang, tahu, kripik kedelai, dan bahkan daging kedelai tiruan yang lezat! Dengan bantuan dari teknologi terkini, kacang kedelai juga sedang diterapkan untuk membuat kosmetik seperti krim muka, dan bahan-bahan kain untuk seprai ranjang.

Kacang kedelai termasuk anggota keluarga kacang polong dan merupakan salah satu unsur panen paling awal yang pernah ditanam yaitu sejak 5000 tahun yang lalu. Tahu adalah makanan turunan dari kedelai yang begitu populer sejak 2000 tahun yang silam mulai dari Dinasti Han di China. Amerika Selatan dan Eropa sekarang baru menyadari akan manfaat kedelai yang menakjubkan untuk gaya hidup yang sehat. Sebenarnya, pemerintah Kanada akhir-akhir ini menobatkan kacang kedelai sebagai bahan dasar untuk makanan sehat dengan memasukkannya ke dalam Panduan Makanan Kanada untuk Kesehatan.

Dr. Alison M. Duncan dari Universitas Guelph di Ontario, Kanada, seorang ahli nutrisi yang telah menghabiskan waktunya untuk meneliti manfaat makanan dari kacang kedelai mengatakan bahwa “Kedelai mengandung semua asam amino dasar dan dapat menyediakan sumber protein yang cukup kepada mereka yang mencari sumber protein alternatif pengganti daging, hal ini membuat kacang kedelai menjadi sebuah komponen yang sangat penting.”

Profesor Duncan melihat bahwa kehidupan orang-orang di negara Asia yang mengonsumsi lebih banyak kedelai mempunyai tingkat penyakit seperti penyakit kanker payudara, kanker prostat, osteoporosis, dan penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Dia mengatakan, “Kacang kedelai mengandung fitokimia yang disebut isoflavon, dan itu adalah sebuah fitokimia khusus dalam kacang kedelai yang telah banyak dipelajari dalam hubungannya dengan berbagai penyakit.” Daging yang berasal dari hewan sebaliknya tidak mengandung fitokimia yang begitu penting untuk melawan penyakit ini.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) melaporkan bahwa hanya 25 gram protein kedelai sehari sudah dapat menurunkan tingkat kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dan topik mengenai kesehatan wanita, Nn. Davis mengatakan bahwa, “Wanita menopause yang memakan kedelai tidak akan sering mengalami berbagai gejala yang dialami oleh wanita lainnya. Hasil studi menunjukkan bahwa wanita di Asia misalnya mempunyai risiko kanker payudara lebih sedikit daripada wanita di Amerika Utara, dan itu karena makanan yang dikonsumsi mereka banyak mengandung kedelai.”

Nn. Beverly Davis, ahli gizi terdaftar dan Koordinator Regional untuk Coronary Health Improvement Project (CHIP) di Ontario, Kanada, mempunyai banyak hal positif mengenai kedelai. Dia menyatakan, “Sisi baik dari kacang kedelai adalah Anda tidak akan menemukan lemak, Anda takkan mendapatkan bakteri… Kedelai sehebat daging dalam hal kandungan protein, tapi kacang ini mengandung lebih banyak keuntungan dan manfaat kesehatan.”

Kedelai juga membantu menjaga sumber daya planet kita yang berharga. Manfaat utama lainnya dari protein kedelai dibandingkan protein sapi adalah air yang digunakan untuk menghasilkan satu porsi makanan vegan lengkap yang berisi tahu, nasi, dan sayuran adalah 98 galon air, sedangkan untuk menghasilkan satu porsi makanan yang berisi daging sapi telah memboroskan 1.200 galon air. Kedelai sungguh bermanfaat terhadap kesehatan manusia, keberlangsungan Bumi, dan juga dapat menyelamatkan banyak kehidupan hewan.

Untuk mereka yang ingin beralih ke diet vegetarian, makanan dari kacang kedelai merupakan sebuah pilihan mudah yang dapat kita diterapkan agar kita dapat beradaptasi dengan cepat. Tahu yang bersifat seperti spons dapat dengan mudah menyerap rasa ketika dimasak atau dicampurkan dengan bumbu. Misalkan jika Anda memasak menu India, maka semua yang harus dilakukan adalah menambahkan tahu pada bumbu India yang telah dimasak dengan minyak. Untuk sarapan barat, Anda bisa hancurkan, tambahkan sayuran dan bumbu untuk membuat tahu hancur, lalu menambah kecap kedelai di sampingnya. Favorit dunia lainnya, sup miso Jepang yang berisi tahu dan pasta soya. Makanan ini sangat lezat. Makanan vegetarian berbahan dasar kedelai juga dapat dibuat seperti ayam tiruan dan ikan tiruan. Jika Anda seorang vegan, maka ada berbagai jenis makanan seperti susu kedelai sebagai pilihan. Sebenarnya, kacang kedelai serbaguna dan dapat menggantikan gizi dai makanan berbahaya yang ada di masyarakat kita seperti telur, ikan, daging, dan susu.

Jadi seperti yang Anda ketahui sekarang, ada banyak produk makanan bergizi yang dapat dibuat dari kacang kedelai. Kedelai memang merupakan “makanan Surgawi” yang mudah disiapkan dan memberikan nutrisi cukup untuk menyehatkan tubuh kita. Dengan semua manfaat ini, orang bisa diyakinkan bahwa dengan menambahkan lebih banyak kacang kedelai pada pola makan Anda maka ini menjadi pilihan yang paling sehat dan bijak bagi Anda dan planet ini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s