Manfaat Nangka


Buah nagka yang mudah rusak mendorong munculnya berbagai upaya untuk lebih mengawetkan makanan itu dalam berbagai bentuk olahan, seperti dijadikan kripik, dibuat selai,dijadikan dodol dan berbagai bentuk olahan lainnya. Hal ini agar buah nangka yang kaya gizi dapat dikomsumsi setiap saat dan sepanjang waktu.

Kandungan Gizi

Buah nangka kaya dengan kandungan energi yang tinggi, yaitu sebanyak 106 kalori untuk setiap 100 gram. Begitu juga kandungan karbohidratnyayang mencapai 27,6 gram dan protein sebanyak 1,2 gram, menjadikan buah ini layak sebagai bahan pangan altenatif. Namun sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi buah nagka dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena buah kenyal ini dapat menimbulkan gas perut. Buah nangka juga kaya dengan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehtan maupun mencegah penyakit.banyaknya kandungan vitamin A ( sebanyak 51 RE) dan vitamin C( sebanyak 20 mg) sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Begtiu juga dengan kandunagn kalsiumnya yang tinggi ( 20 mg) dan fosfor (19 mg), maupun mineral lainnya seperti zat besi ( 0,9 mg) yang sangat baik sebagai anti oksidan, anti kanker, untuk meperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan. Kandungan kaliumnya yang cukup besar yang sangat berguna untruk mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.

Manfaat Bagian Lain Nangka

Selain buahnya, bagian nangka lainnya juga banyak mengandung gizi yang sangat berguna bagi kesehatan. Diantaranya biji nangka, diketahui banyak mengandung karbohidrat, protein dan energi yang tak kalah besarnya dibandingkan buahnya. Begitu juga kandungan meineralnya, seperti kalsium, dan fosfor yang cukup banyak. Hal ini mendorong  pengolahan biji nangka dalam berbagai bentuk olahan,khususnya untuk dibuat tepung makanan. Manfaat buah nagka juga dapat diambil dari bagian pohon lainnya. Daun nangka banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak. Begitu juga denagn katu pohon yang kuat, mudah dibentuk serta tahan terhadap rayap dan tidak mudah lapuk, menjadikan sebagai kayu pilihan. Kayu pohon nangka banyak digunakan untuk membangun rumah maupun pembuatan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga, seprti kusen, daun pintu ataupun meja. Sedangkan getahnya kadang dimanfaatkan untuk mainan dalam menangkap capung ataupun serangga oleh anak-anak. Buah nangka yang measih muda juga banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran, seperti sayur lodeh yang enak 🙂

Tinggalkan komentar