Manfaat Pare


Sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit ini.Namun di balik rasanya manfaat buah pare juga sangat besar. Tak jarang buah merambat ini dijadikan sebagai sayuran maupun lalapan.Meskipun pahit, banyak orang yang menyukainya maupun mengobati penyakit.Rasanya yang pahit seringkali menjadi indikasi bagi para pengobatan alami untuk menemukan khasiat pengobatannya. Beberapa Negara yang terkenal dengan pengobatan tradisionalnya sudah lama memanfaatkan buah pare ini sebagai salah satu jenis herbal. Sedangkan masyarakat kita banyak yang percaya bahwa buah pare, seperti halnya daun papaya yang pahit, mengandung banyak manfaat untuk menjaga kesehatan maupun menyembuhkan suatu penyakit.

Kandungan Gizi

Buah pare banyak mengandung kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin C. Dengan kandungan ini manfaat buah pare terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, anti malaria, anti kanker, anti biotika, dan juga mengatasi dan menyembuhkan penyakit kuning. Mengkomsumsi buah pare juga dapat merangsang produksi insulin dan menyeimbangkan kadargula dalam darah sehingga dapat untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit diabetes. Sebagian masyarakat juga menyakini bahwa buah pare yang pahit ini juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit bronchitis, mengatasi deman, sakit perut, reumatik, maupun nyeri haid.kandungan sejumlah senyawa seperti likopin, fitokimia dana lbiminoid juga berguna dalam merangsang nafsu makan, mneyembuhkan penyakit kencing manis. Manfaat buah pare juga terletak  dari kandungan beta karoten yang cukup besar yang bermanfaat untuk mengatasikan kermaupun menyembuhkan penyakit jantung.

Anti HIV

Ketika wabah virus HIV/AIDS merebak akibat pergaulan bebas, banyak  ahli yang melakukan berbagai penelitian untuk menemukan obatnya. Salah satu temuan menarik berhasil dilakukan professor Lee Huang dari New York University, yaitu adanya kandungan dalam buah pare yang berkhasiatdalam menekan penyebaran virus HIV/AIDS dalam tubuh. Zat yang berhasil ditemukan itu terdapat dalam biji buah pare yang sudah tua, dan diberi nama alpha momorchorin, beta momorchorin dan momordica antiviral protein 30 ( MAP 30). Zat- zat ini diketahui mampu menekan penyebaran virus HIV/AIDS dalam tubuh. Bahkan kabarnya, zat dalam buah pare ini tela hdiproduksi secara missal dan dijadikan obat untuk menanggulangi penyakit  HIV/ AIDS🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s