Tips Hidup Sehat Vegetarian


1. makanlah makanan yang bervariasi dan diikuti pola makan ” kuarter nabati” yang terdiri dari 5-6 porsi padi-padian,> 3 porsi sayur,3 porsi buah dan  porsi kacang-kacangan  dan sedikit minyak. Gunakan minyak olive ( extra virgin) atau minyak kelapa.

2. makanlah dengan perlahan-lahan dan kunyahlah dengan baik.

3. makanlah buah 1/2 jam sebelum makan dan minumlah sedikit air sesudah makan.

4. makanlah sup terlebih dahulu sebelum memakan yang lain.

5. kurangilah makanan yang sudah diproses dan dalam berbagai kemasan dan belilah makanan yang alamiah dan olah sendiri.

6. usahakan memakan makanan apa adanya  dan kurangilah proses pengelolahan makanan seminimal mungkin dan hindari bahan kimia yang berbahaya. Mulailah memakan sayuran mentah baik  secara langsung ataupun dalam bentuk jus( terbaik). minumlah jus sayur dengan perlahan dan jangan meneguk secara langsung.

7. janganlah memanasi ulaqng sayuran yang telah dimasak.

8. makanlah sayur hijau yang dimasak sesegera mungkin ( paling lama 15 menit sesudah dimasak).

9. jangan mencampur buah dan sayur kecualai apel.

10. belilah makanan yang  masih segar dan segeralah memakannya ( jangan disimpan dikulkas hingga beberapa hari). Jangan memakan sayur yang telah layu.

11. hindari meminum jus buah dalam kemasan ataupun soft drink

12. hindari mencampur protein ( telur, keju, kacang-kacangan) dengan gula, buah atau tepung pada saat yang bersamaan

13. hindari makanan yang digoreng

14. hindari gula putih sebisa mungkin. dan kurangi pemanis buatan termasuk aspartame.

15. hindari bahan aditif( pewarna, pewangi, MSG, pengawet dll). Baca label dengan teliti.

16. hindari kemasan aluminium karena sangat tolix

17. hindari caffeine, alcohol, dan nikotin

18. minumlah air putih atau teh herbal sebnayak mungkin ( sekitar 8 gelas per hari)

19. gantilah susu sapi dengan susu kedelai atau susu beras.

20. dalam hal memkan telur ingatlah janganlah memecahkan kunungnya saat memasak karena udara dan panas akan merubah kolestrerol telur menjadi bentuk yang jahat. dalam 1 minggu anda hanya diperbolehkan makan telur 2-3 butir dan pilihlah telur dari ayam yang dipelihara secara bebas.

21. beras dan roti yang baik adalah yang 100% utuh seperti beras merah, roti gandum, havermouth dll.

22. ingatlah selalu unutk berolahraga secara teratur minimal 4 kali seminggu dan 30 m3nit setiap olahraga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s