Manfaat Pisang


Berdasarkan cara konsumsi,pisang dikelompokkan dalam dua golongan yaitu banana dan plantain. Banana adalah pisang pisang yang lebih sering dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, contohnya pisang ambon, susu, raja, seribu dan sunripe. Plantain adalah pisang yang dikonsumsi setelah digoreng, direbus,dibakar,atau dikolak, seperti pisang kapok, siam, kapas, tanduk, danuli. Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energy cukup tinggi yang dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium.Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C,B komplek, B6 dan serotonin yang aktif sebagai neuro transmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Energi Instan

Nilai energy pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat.Nilai energy pisang dua kali lipat lebih tinggi dari pada apel.Apel dengan berat sama( 100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Karbohidrat pisang menyediakan energy sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biscuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu banyak atlet saat jeda atau istirahat mengomsumsi pisang sebagai cadangan energi. Kandungan energy pisang merupakan energy instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat komplek tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energy dalam waktu yang tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Gula pisang merupakan gula darah yaitu terdiri dari frukosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energy karena sedikit lebih lambat di metabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir selalu timbul rasa kantuk.Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun .Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energy berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diproleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya .Glukosa darah terutama didapati dari asupan makanan sumber karbohidrat.Pisang adalah alternative terbaik untuk menyediakan energy disaat-saat istirahat atau jeda pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 % dan 0,13%. Meski demikian kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 %. Karena itu tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Kaya Mineral

Pisang kaya mineral sepertikalium, magnesium, fosfor, kalisum dan besi.Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hamper seluruhnya (100%) dapat diserap tubuh.Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. pisang juga mengandung vitamin B yaitu vitamin, riboflavin, niasindan vitamin B6(piridoxin). Kandungan vitamin  B6 pisang cukup tinggi yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolism, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolism, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metobilsme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakin berperan aktif sabagai neuro transmitter dalam kelancaran fungsi otak.Vitamin B6 juga berperan dalam metabolism energi yang berasaldari karbohidrat.Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energy bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Pemanfaatan buah ini antara lain sebagai berikut:

Kanker perut: tunas/ anak batang pohon diparut dan diambil airnya sebanyak 4 gelas, kemudian direbus bersama dengan benalu the sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore dan dilakukan secara teratur.

Sakit Kuning: makan yang banyak buah pisang emas yang sudah masak.

Pendarahan Usus Besar: tunas diparut dan diperas untuk diambil airnya sebanyak 2 gelas kemudian direbus bersama dengan bonggol benalu the tersebut sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Disaring dan diminum 2 kali sehari 1 cangkir.

Keluarga Berencana: bunga pisangan,bondi rebus dengan air sampai mendidih. Diminum airnya 2 kali sehari, pagi dan sebelum tidur.Dilakukan selama 7 hari berturut- turut sesudah menstruasi atau melahirkan.

Ambeien: buah pisang kluthuk yang masih mentah diparut untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan adas pula sari secukupnya dan 1 potong gula merah dan diaduk sampai merata.Disaring dan diminum.

Sariawan usus: kulit kluthuk dan buah yang mentah diiris-iris tipis, kemudian ditumbuk halus, diperas sampai keluar airnya dan diembun-embunkan semalam diluar rumah. Diminum setelah tidur/ pagi hari.

Pendarahan Rahim: tunas diparut dan diambil airnya sebnayak 2 gelas kemudian direbus bersama dengan bonggol benalu the sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Disaring dan diminum 1 kali sehari ½ gelas.

Merapatkan Vagina dan Mencergah Pendarahan: batang pohon pisang batu yang belum berbunga dipancung untuk diambil airnya yang bersih. Digunakan untuk mencuci Vagina setelah bersalin.

Mencegah Pendarahan Sehabis melahirkan: batang pohon diparut untuk diambil airnya. Disaring dan diminum 2 kali sehari ½ gelas.

Cacar  Air: bonggol batang kluthuk diparut untuk diambil airnya, kemudiandicampurdenganadaspulasariiiisampaimerata. Disaringdandiminum

Telinga Bengkak: kulit pisang kustruk dipanggang dan dalam keadaan hangat-hangat perasan. Dioleskan pada bagian telinga yang bengkak.

Tenggorokan Bengkak: bonggol pisang kapok diparut dan diperas untuk diambil airnya. Dipakaiuntukkumur.

Disentri: bonggolkluithukdiparutuntukdiambilairnyasebanyak ½ gelas. Diminum 3 harisekali.

Diare( orangdewasa): buah pisang kapur mentah, dibakar dan dimakan.

Amandel?: bonggol batangnya diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian diminum.

Diare(bayi): pisang kapok ( kapok) mentah diiris-iris dan digoreng tanpa minyak, dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s