Manfaat Tomat


Kalau dilihat dari jenis tomat terbagi dua, yaitu tomat buah dan tomat sayur. Adapun perbedaan antara tomat sayur dengan tomat buah antara lain: pada bentuk dan ketebalan kulitnya. Buah tomat berbetnuk lonjong dan berkulit tebal sedangkan tomat sayur berbentuk bulat dan berkulit tipis. Biasanya tomat buah dikomsumsi tanpa di masak terlebih dahulu dan memiliki daya tahan lebih lama. Tomat sayur biasanya dikonsumsi sebagai bahan campuran pada sayuran yang dimasak dan lebih cepat membusuk.

KHASIAT TOMAT

Wajah lebih halus: masalah wajah menjadi masalah yang cukup bahkan sangat penting bagi kita ( para wanita khussusnya). Ternyata tomat bisa juga digunakan sebagai masker wajah. Peras tomat yang berwarna merah tua lalu oleskan pada wajah atau gosok irisan tomat pada wajah. Lakukan hal ini setiap ahri, maka wajah akan menjadi halus. Bagi yang memiliki masalah pada jerawat,irisan tomat yang ditempelkan pada lokasi jerawat selama beberapa waktu akan membantu menghilangkan jerawat. Kandunagn tomatine pada tomat berkhasiat anti radang. Tpomat juga menganduing karotwn dan vitamin C yang berkhasiat senagai antioksidan. Sementara asam sitratnya juga amengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.

Gusi Berdarah atau sariawan: Gusi berdarah bisa sangat mengganggu kegiatan berbicara sehari-hari. Karena itu, sebelum penyakit ini tiba, sebaliknya dicegah terlebih dahulu. Caranya setiap hari konsumsilah 1 buah tomat dalamkeadaan segar. Jiak tidak suka rasanya bisa ditaburi gula. Sebelum dimakan ingatlah untuk selalu mencucinya.

Mengatasi Sembelit: susah buang air besar adalah masalah besar bagi kita. Jika dibiaskan bisa menyebabkan wasir. Ternyata dengna mengkonsumsi jus tomat masalah semeblit bisa diatasi. Jus tomat bisa dikombinasikan dengan buah lain seperti jeruk untuk membuat rasanya makin lezat. Untuk hasil terbaik minum jus tomat dipagi hari sebagai ganti sarapan, atau sore hari sebagai cemilan sehat.

Melawan stroke dan penyakit jantung: cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat seidekitar biji tomat ternyata mengandung senyawa atau bahan campuran yang amnjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Jika kita meminum jus tomat tanpa membuang bijinya maka sekitar 72 % kita telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Mencegah kanker: menurut penelitian, makin banyak tomat ( bahkan saus tomat sekalipun) yang kita konsumsi, maka makin rendahlah risiko kanker mengincar kita, terutama kanker prostar ( bagi kaum pria), kanker paru-paru dan kanker perut. Rahasia khasiat tomat terletak di lycopene, senyawa kimia yang membuat warna tomat merah. Lycopene sanagt efektif sebagai bahan antikanker.

Memulihkan fungsi lever: para peneliti medis jaman itu sudah menyimpulkan bahwa jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Tak ada cara yang lebih baik dalam emningkatkan kesehtaan dan meyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan minimum jus tomat. Tomat juga mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin B1 esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi dan membantu memelihara kesehatan syarat dan otot, emembantu tubuh membuat dan memakai protein. Sedangkan vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya  memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh dan membantu menata kembali keasaman tubuh 🙂

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Lia said,

    menarik nih buah tomat bisa memulihkan fungsi lever. makasih infonya.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s