Berkomunikasi Dengan Satwa Lain


Morgen Espe adalah seorang yang dapat berbicara dengan hewan yang terkenal dan pernah tampil di berita NBC dan CBS. Ia membagikan karunianya yang dapat berkomunikasi dengan dunia satwa dan mengajak kita ke dalam pikiran dari sahabat berbulu kita. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap perasaan dan pikiran hewan, Nona Espe mengajar di beberapa kelas dan mengadakan seminar mengenai pedoman dalam menyampaikan pesan-pesan kepada para hewan. Pada tanggal 15 Mei, Tahun Emas 5 (2008), anggota asosiasi Maha Guru Ching Hai tiba di Perkemahan Kern di Lebanon, Ohio, dimana kuda-kuda yang indah dan makhluk-makhluk yang memiliki kepedulian tinggal.

Saat itu merupakan suatu pengalaman mengagumkan dimana kita dapat mempelajari apa yang dipikiran sebagian hewan yang tinggal di perkebunan Kern dan sangat menyentuh dapat mengetahui apa yang hewan rasakan tentang kita. Mereka benar-benar mengasihi manusia dan menganggap kita sebagai pengasuh mereka sebagai orang tua; sebagai contoh, kebanyakan memanggil pengasuh mereka dengan sebutan “Mama” atau “Papa.” Kita menemukan bahwa salah satu hadiah dari hewan yang paling penting yang ingin dibagikan dengan kita adalah kasih tanpa syarat. Orang yang memiliki hewan merasakan ikatan yang penuh kasih ini dan sangat menarik untuk menemukan bahwa hal itu benar-benar ada! Hewan-hewan mengasihi rekan manusia mereka sepenuh hati dengan mengabaikan mobil macam apa yang mereka kendarai, bagaimana penampilan mereka, pekerjaan apa yang mereka lakukan untuk hidup, atau berapa pun pendapatan mereka.

Direktur YMCA Perkemahan Kern, Rachel Murphy, berkata bahwa perkemahan musim panas mereka mempunyai satu program pendidikan di luar lingkungan yang mengajar anak-anak dan orang dewasa bagaimana cara berkomunikasi lebih baik dan mempelajari tentang kehidupan hewan mereka.

Morgan juga telah menulis sebuah buku yang indah yang berjudul “Whispers of Heaven (Bisikan dari Surga)” yang merupakan suatu koleksi kutipan percakapan dengan para hewan. Para hewan berada di bumi ini untuk menunjukkan kepada kita kasih yang tanpa syarat, Kebenaran, dan kejujuran. Mereka telah menjelaskan kepada Morgan bahwa mereka hanya menanggapi dan berhubungan dengan kejujuran. Mereka dengan meyakinkan berkata bahwa mereka semua mempunyai jiwa dan bahkan saat masuk ke dunia ini, mereka mengikuti orang yang sama yang telah mereka kenal di kehidupan yang lain!

Morgan Espe (kiri) dan Rachel Murphy, direktur Perkemahan Kern, dengan dua warga perkemahan Kern

Morgan mengajari kita bahwa kita semua dapat berkomunikasi dengan hewan. Melalui  komunikasi ini kita dapat mempelajari kebijaksanaan yang berada di dalam diri mereka dan hidup dengan selaras. Para hewan berpikir berupa gambar-gambar dan mereka dapat memahami pikiran dan perasaan kita melalui gambar yang kita kirim melalui pikiran kita. Morgan berkata bahwa komunikasi nonverbal ini dapat membuka suatu hubungan antara manusia dan dunia hewan serta membawa suatu kesadaran yang lebih dalam, kasih yang besar yang dapat kita alami dari hewan yang ada di dalam hidup kita.

Bahkan hewan-hewan liar pun sangat menakjubkan dalam hal rohani dan mempunyai banyak karunia untuk berbagi dengan kita. Sama seperti anjing dan kucing peliharaan kita, kuda juga demikian. Sebenarnya, Morgan percaya bahwa hewan jauh lebih bijaksana dibandingkan kita karena mereka dapat mengingat darimana mereka berasal. Mereka benar-benar makhluk yang mengagumkan. Dia menjelaskan bahwa para hewan merasa bahwa kematian dan siklus hidup bukan suatu yang sangat penting. Beberapa di antara mereka berbagi pemikirannya mengenai permasalahan ini dan berkata, “Kematian seperti perjalanan pulang ke rumah, mengganti pakaian Anda, lalu kembali lagi. Ini bukanlah sesuatu yang sangat penting.”

Morgan juga telah merasakan kegembiraan dapat mempersatukan kembali hewan-hewan yang hilang dengan pengasuh mereka. Melalui  komunikasi nonverbal ini, hewan mampu berbagi pengalaman-pengalaman mereka seperti lokasi yang mereka lalui dan akhirnya mereka dapat dipandu dengan aman ke rumah melalui gambar-gambar di dalam pikiran mereka.

Morgan ingin agar kita mengetahui bahwa setiap orang dapat berkomunikasi dengan hewan. Bagaimana? Dengan pikiran berupa gambar-gambar dan pernyataan yang bersifat positif, bukan menggunakan kata-kata atau pemikiran yang negatif seperti tidak, jangan, tidak bisa, atau tidak akan. Mengirimkan pesan-pesan positif dari apa yang kita mau dan bukan dari apa yang tidak kita inginkan terhadap hewan-hewan itu akan menolong mereka untuk memahami berbagai keinginan kita dan mempelajari bagaimana kita ingin agar mereka berinteraksi dengan kita. Sebagai contoh: Jika Anda melihat seekor rusa di jalan raya, kita mungkin akan panik dan berkata, “Jangan pergi ke jalan.” Hal ini membuat rusa tersebut bingung oleh kata yang negatif “Jangan.” Rusa itu tidak akan memahami bahwa Anda tidak ingin agar ia pergi ke jalan. Ini adalah satu alasan mengapa mereka diam di jalan raya ketika ada mobil yang mendekat. Mereka mungkin berpikir, “Anda menghendaki aku untuk lakukan apa!?” Jadi pesan yang lebih baik untuk dikirim adalah, “Tempatkan kakimu di tempat yang hijau, warna hijau adalah aman; atau berpaling dan kembali ke dalam hutan, kembali ke pohon-pohon. Jalanan adalah tempat yang sangat berbahaya; pohon sangatlah aman.” Inilah pikiran visual kita yang dapat diterima oleh mereka.

Maha Guru Ching Hai dalam buku terbaru-Nya Hewan-hewan Liar yang Mulia berbagi suatu kutipan yang menakjubkan oleh Pitu: “Kita tidak harus menggunakan bahasa lisan. Kita dapat berkomunikasi dalam kesunyian. Kita tidak perlu membicarakan tentang kasih, keselarasan, dan damai sejahtera karena kita hidup di dalamnya.”

Sungguh sesuatu yang menyenangkan dapat berbicara dengan Morgan dan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan sesama teman hidup kita di dunia ini. Semoga Tuhan memberkati Morgan dan semua manusia yang mau membuka hati mereka dan berbagi kasih dan pengertian dengan mampu berkomunikasi lebih baik terhadap hewan-hewan di dunia kita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s