Bangga Menjadi Vegan/Vegetarian


Menjadi jarang sakit, awet muda, buang air besar lancar, kulit menjadi bersih dan sehat, mengurangi resiko penyakit jantung, dan penyakit-penyakit akibat konsumsi daging lainnya adalah sebagian kecil manfaat vegetarian yang langsung Anda rasakan setelah beberapa saat Anda menjalaninya. Tetapi manfaat yang tidak da, terlihat dari pilihan mulia Anda ini jauh lebih besar lagi, berikut beberapa diantaranya:

1.    Anda telah aktif membantu mengatasi krisis pangan dunia. Setiap tahun jutaan ton karbohidrat, protein, dan zat gizi berharga lainnya dibuang sia-sia ke dalam perut hewan ternak yang akhirnya juga dibunuh untuk dimakan. Sementara itu banyak saudara manusia kita yang kekurangan gizi.

2.    Anda telah aktif membantu menjaga kelestarian air. Di saat 1 dari 6 orang di planet ini tidak memiliki akses air bersih, ternyata kita menghabiskan 19,737 liter air hanya untuk menghasilkan kurang dari 0,5 kg daging sapi. Jumlah itu cukup untuk mandi dengan shower selama 7 menit setiap hari sepanjang tahun.

3.    Anda telah aktif membantu menjaga kelestarian hutan dan tanah. Setiap detiknya hutan seluas lapangan bola dihancurkan hanya untuk menghasilkan 257 buah hamburger daging. Peternakan juga merusak humus tanah dengan aktivitas penggembalaan.

4.    Anda telah aktif membantu penghematan energi dunia. Di saat jutaan orang di dunia ini masih tidak memiliki akses listrik, ternyata kita menghabiskan energi yang cukup menyalakan lampu 100 watt selama 20 hari, ditambah menjalankan mobil Eropa rata-rata sejauh 250 km hanya untuk menghasilkan 1 kg daging sapi.

5.    Anda telah berkontribusi aktif dalam mengerem pemanasan global. Menjadi vegetarian adalah hal terefektif dan efisien yang dapat dilakukan seorang individu untuk mengerem pemanasan global.

6.    Anda telah berkontribusi dalam pencegahan meledaknya wabah penyakit berbahaya. Flu babi, flu burung, dan begitu banyak wabah modern yang makin kebal antivirus buatan manusia merupakan akibat penggunaan antibiotik dan obat-obatan yang tidak terkendali di peternakan, juga akibat sanitasi yang buruk dan stres hewan yang tinggi sehingga menjadikan peternakan modern sangatlah kondusif sebagai rumah produksi virus berbahaya.

7.    Anda telah membuat pilihan yang penuh kasih bagi makhluk Tuhan lainnya. 1.776 hewan darat (tidak termasuk ikan) dibunuh sia-sia setiap detiknya hanya untuk menu yang bisa digantikan dengan menu sayuran yang lebih sehat dan ramah lingkungan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s