Bagaimana Setiap Gigitan Mempengaruhi Bumi Kita


Makan sayuran adalah salah satu tindakan paling penting dan efektif yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghentikan pemanasan global, menghemat sumber daya alam, mencegah pencemaran air dan udara, dan menyelamatkan spesies dari kepunahan. Menurut Dr. David Brubaker, PhD, di Pusat bagi Masa Depan yang Layak Tinggal Universitas Johns Hopkins, “Cara kita membiakkan hewan untuk makanan merupakan ancaman bagi planet. Hal tersebut mencemari lingkungan karena menghabiskan sejumlah besar air, biji-bijian, minyak bumi, pestisida dan obat-obatan. Mengakibatkan bencana.” Sebagaimana yang dimasukkan Klub Sierra dalam laporan 2002 mereka tentang peternakan hewan, “pelanggaran oleh industri daging menambah pada neraca kesalahan lebih panjang daripada Perang dan Perdamaian.”

PEMBOROSAN SUMBER DAYA

Memberi makan sejumlah besar biji-bijian kepada hewan ternak untuk menghasilkan sejumlah kecil daging adalah pemborosan sumber daya yang terbatas. Artikel Majalah Time tanggal 7 Juli 2002 melaporkan penemuan dari ahli ekologis Cornell David Pimentel: “Pimentel berpendapat bahwa vegetarisme jauh lebih ramah lingkungan daripada pola makan daging. ‘Dalam hubungannya dengan kadar kalori, biji-bijian yang dikonsumsi oleh peternakan Amerika dapat memberi makan 800 juta orang’… Protein hewani juga memerlukan sejumlah besar energi bahan bakar fosil — delapan kali lebih banyak dibandingkan dengan protein nabati.”

 “BIAYA PRODUKSI MASSAL TERNAK, UNGGAS, BABI, DOMBA DAN IKAN DAPAT MEMBERI MAKAN PERTUMBUHAN POPULASI KITA… TERMASUK PENGGUNAAN SANGAT TIDAK EFISIEN DARI AIR BERSIH DAN TANAH, BESARNYA POLUSI DARI KOTORAN TERNAK… DAN MELUASNYA KERUSAKAN HUTAN DIMANA BANYAK KEHIDUPAN PLANET KITA TERGANTUNG PADANYA.” 

MAJALAH TIME, 11/8/99

 Industri daging adalah penyebab utama dari kekurangan air bersih. Menurut Ed Ayres dari lembaga Worldwatch, “Lebih banyak air di seluruh dunia, yang dialihkan untuk beternak babi dan ayam, bukannya untuk memproduksi tanaman yang dapat dikonsumsi manusia secara langsung, jutaan sumur akan kering. India, China, Afrika Utara dan Amerika Serikat semuanya sedang kekurangan air bersih, mereka lebih banyak memompa dari penampungan daripada mengisinya dengan air hujan.” Ayres menegaskan, “Dengan menghindari satu hamburger, Anda akan menghemat air sebanyak yang dapat Anda hemat dengan menggunakan 40 pancuran mandi dengan semprotan kecil.”

 PUNAH SELAMANYA

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan bahwa, “Sektor peternakan mungkin menjadi pemain utama dalam pengurangan keanekaragaman hayati, karena merupakan pendorong utama penebangan hutan, dan juga menjadi salah satu motor penggerak utama degradasi lahan, polusi, perubahan iklim, terlampau banyak menangkap ikan, sedimentasi wilayah pesisir dan memudahkan invasi oleh spesies asing.”  Di Amerika Serikat, penggembalaan telah berkontribusi pada kematian dari 26% spesies yang terancam punah.  Situasi yang tidak lebih baik juga terjadi di Amerika Selatan dimana peternakan mendorong penebangan hutan adalah salah satu alasan utama hilangnya spesies tanaman dan hewan di hutan hujan tropis.

 POLUSI UDARA & AIR

 Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, peternakan hewan “mungkin adalah sumber terbesar dari polusi air, berkontribusi pada eutrofikasi, zona-zona mati’ di daerah-daerah pantai, degradasi terumbu karang, masalah-masalah kesehatan manusia, timbulnya kekebalan terhadap obat antibiotik dan banyak lainnya. Sumber-sumber besar dari polusi seperti pembuangan kotoran hewan, antibiotik-antibiotik dan hormon-hormon, zat-zat kimia dari penyamakan kulit, pupuk dan pestisida yang digunakan untuk memberi pupuk tanaman, endapan dari padang rumput yang terkikis.”
PERTIMBANGKANLAH HAL-HAL INI

 JUMLAH DARI GANDUM AS YANG DIBERIKAN UNTUK PETERNAKAN: 70%

BERAT DARI JAGUNG DAN KEDELAI yANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHASILKAN HANYA SATU PON DAGING BABI: SEKITAR 7 PON

AIR YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHASILKAN SATU PON GANDUM: 14 GALON

AIR yANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHASILKAN SATU PON DAGING: 441 GALON

DARI SELURUH AIR yANG DIGUNAKAN UNTUK SEMUA TUJUAN DI AMERIKA SERIKAT: LEBIH DARI SETENGAH DIGUNAKAN UNTUK PRODUKSI HEWAN TERNAK

SPESIES yANG TERANCAM DAN RENTAN AKIBAT MEMELIHARA TERNAK: 161

JUMLAH DARI KOTORAN HEWAN TERNAK yANG DIHASILKAN DI AMERIKA SERIKAT: 5 TON KOTORAN UNTUK SETIAP ORANG

“MEMELIHARA HEwAN UNTUK MAKANAN ADALAH “SALAH SATU DARI PEYUMBANG TERBESAR YANG KEDUA ATAU KETIGA PADA MASALAH LINGKUNGAN PALING SERIUS, PADA SEGALA SKALA DARI LOKAL HINGGA KE GLOBAL.” 
—PERSERIKATAN BANGSA BANGSA🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s