10 Macam Makanan Top Super


1. Kenari

Diantara elemen yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental yang bagus adalah asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan kekurangan gizi penting ini bisa menyebabkan depresi, kesulitan belajar, masalah perilaku, dan bahkan gangguan tidur. Jadi bagaimana memastikan mendapat cukup asam lemak omega-3 dalam makanan kita? Sebenarnya sangat sederhana. Ambil segenggam kenari!

 2. Brokoli

kaya dengan kalsium dan vitamin K, yang membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, dan juga mengandung banyak potassium dan magnesium. Pernah pikirkan penanganan saat terbakar sinar matahari? Tolonglah dirimu dengan brokoli! Kaya dengan glucoraphanin, brokoli membantu memperbaiki kulit. Glucoraphin juga agen anti-kanker . Kenyataannya, American Cancer Society merekomendasikan makan brokoli secara teratur karena mengandung fitokimia yang bantu mencegah kanker. Dan berita bagusnya tidak berhenti di sana. Brokoli mengandung beta-karotin, termasuk beberapa mineral, zat besi dan selenium, semuanya memperkuat sistem kekebalan.

  3. Alpukat

Sumber sempurna akan asam folat dan vitamin C, K, E, dan B6, alpukat juga mengandung kalsium, zat tembaga, besi, fosfor dan magnesium, dan 60% lebih potassium dibanding pisang. Tapi bukankah alpukat mengandung banyak lemak? Memang, tapi dia “ramah jantung,” lemak tak jenuh tunggal. Faktanya, alpukat sebenarnya bisa memperbaiki riwayat kolesterol seseorang, karena membantu mengurangi LDL atau kolesterol “jahat,” seraya meningkatkan HDL (kolesterol baik.) Penelitian terbaru menyebut lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu mencegah kanker payudara dan memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Memiliki masalah dengan mata Anda? Makanlah alpukat. Seperti brokoli, alpukat juga berisi karotenoid lutein, yang membantu mencegah degenerasi macular dan katarak. Faktanya, alpukat berisi lebih banyak lutein dibanding buah lainnya.

 4. Ragi Bergizi

Salah satu ketakutan umum tentang beralih ke pola makan vegan adalah kecukupan Vitamin B12. Tapi jika menambahkan sedikit makanan super #4, masalahnya terpecahkan. Selain sebagai sumber vitamin B yang hebat, ragi bergizi juga tinggi protein. Saat membeli makanan ini, cek labelnya apakah telah diperkaya dengan vitamin B-12 karena vitamin ini tidak terisi secara alami dalam ragi bergizi. Yang merupakan bakteri yang dibuat secara terpisah dan kemudian ditambahkan. Kedua, B12 agak sensitif, jadi pastikan ragi yang dibeli tidak disimpan dalam plastik, tapi lebih baik dikemas kaleng yang melindungi dari matahari.

 5. Sayuran Berdaun Hijau Pekat

Kaya sumber mineral seperti zat besi, kalsium, potassium dan magnesium, sayuran semestinya wajib ditambahkan dalam makanan, juga mengandung vitamin K, C, E dan banyak yang mengandung vitamin-B, dan sumber utama phytonutrient seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang menjaga kesehatan sel kita. Khawatir dengan osteoporosis? Maka lahaplah sayuran berdaun hijau pekat!

 6. Blueberi

Buah kecil ini benar-benar gudang dari nutrisi, seperti lutein, penting bagi kesehatan mata. Rendah kalori dan tinggi serat, blueberi adalah sumber sempurna serat dan vitamin C. Dalam penelitian oleh Bagian Pusat Gizi Manusia Departemen Pertanian Amerika Serikat yang berusaha mencari sumber terbaik dari antioksidan diantara 40 buah dan sayuran segar, blueberi pada posisi #1 karena membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan penyakit terkait usia lain. Buah biasa yang kecil ini membantu menjaga saluran kencing yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke dengan mencegah pembentukan kolesterol “jahat.”

 7. Quinoa

Quinoa mengandung 22 gram protein per 250 mililiter biji yang tidak dimasak, lebih banyak dari hampir semua jenis padi-padian lain. Yang juga mengandung kedelapan asam amino esensial yang diperlukan untuk perkembangan jaringan, dan yang dianggap sebagai sumber protein lengkap. Selain karena quinoa mengandung kalsium, fosfor, magnesium, potassium, zat besi, tembaga, mangan dan zat besi, yang lebih tinggi konsentratnya dibanding gandum, barley atau jagung.

 8. Kacang dan Lentil

Dr. Perricone mengatakan polong-polongan ini sangat tinggi mengandung fitokimia, protein dan vitamin, semua yang essensial untuk mencegah penuaan. Yang juga rendah lemak dan kalori, yang membantu menjaga berat badan ideal, dan mengandung asam lemak essensial, terutama omega-6. Kacang membantu mencegah diabetes dan menangani gangguan gula darah. Dengan rendah dalam skala glycemic, makanan ini mencegah perubahan tajam level gula darah, tidak seperti padi-padian yang diolah atau makanan dimasak.

 9. Wijen dan Tahini

Mengandung phytosterol, dengan kolesterol yang lebih rendah, termasuk vitamin E, suatu antioksidan yang membuat rambut lembut, bersinar dan sehat. Wijen juga dipenuhi dengan kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat, dan tinggi vitamin A dan asam lemak esensial termasuk vitamin B. Menjadikannya amat bergizi, dengan kandungan 20% protein dan salah satu dari sumber methionine terbaik, suatu asam amino essensial. Wijen juga mengandung lesitin, yang mengurangi level lemak dalam darah dan membantu melindungi badan dari racun lingkungan. Selain itu, juga kaya mineral, yaitu mengandung zat tembaga, magnesium, potassium, besi dan fosfor, yang membantu menjaga sendi, otot dan pembuluh darah tetap sehat.

 10. Sinar Matahari

Vitamin D adalah penting bagi kesehatan karena membantu menyerap kalsium dan memperkuat tulang. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan osteoporosis atau sakit ricket. Penelitian terbaru mengungkapkan setiap satu dari tujuh orang kekurangan vitamin D, mengindikasikan kita harus lebih banyak untuk berjemur matahari. Seberapa banyak paparan matahari akan memberi kita cukup vitamin D? Manula perlu menghabiskan paling sedikit 30 menit dua kali seminggu,

sementara orang yang lebih muda perlu lebih sedikit, mungkin hanya 10 sampai 20 menit. Hindari memakai tabir surya karena menghalangi penyerapan vitamin D🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s