Pikiran Damai Menjadi Vegetarian


Apa yang kita makan dan minum akan mencerminkan bentuk fisik, wajah bahkan bisa juga mempengaruhi kedamaian hati dan pikiran. Contoh yang termudah adalah ketika seseorang mengkonsumsi alkohol hingga kondisi mabuk maka roman muka, nafas bahkan bau badannya akan berubah seiring terjadinya proses pencernaan alkohol yang memasuki tubuhnya. Selain itu pikiran dan hati seorang pemabuk pun menjadi hilang kendali. Demikian pula bila kita makan bawang-bawangan atau daging misalnya daging kambing, aroma tubuh dan juga lemak serta protein di dalam tubuh akan mengalami peningkatan dan perubahan yang cukup besar.

Saya perhatikan, di Indonesia berbagai macam jenis makanan masih banyak didominasi oleh daging, ikan dan juga telur. Dimana daging, ikan dan telur merupakan bahan makanan yang hal wajib dihindari oleh seorang vegetarian.

Apakah vegetarian itu? Vegetarian itu adalah suatu gaya hidup diet dimana seseorang hanya memakan sayuran saja sebagai bahan makanan pokoknya. Kebutuhan akan protein bisa diperoleh dari sumber nabati bukan hewani contohnya dengan memakan kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang tanah. Kedua bahan makanan nabati tersebut memiliki sumber protein yang tinggi dan aman dari kolesterol jahat.

Vegetarian ada berbagai macam bentuk. Ada vegetarian yang masih diperbolehkan makan telur dan susu serta produk turunannya seringkali disebut sebagai ovovegetarian. Ada vegetarian yang total hanya makan sayuran saja dimana dalam hal ini jamur masih boleh dikonsumsi. Kedua jenis vegetarian di atas kebanyakan dilakukan untuk tujuan diet kesehatan fisik belaka. Ada beberapa orang atau aliran spiritual tertentu menjadi vegetarian salah satu alasannya adalah karena tidak ingin menyakiti binatang.

Jenis lain vegetarian adalah vegetarian penuh dimana seseorang vegetarian semacam ini selain tidak boleh makan makanan yang mengandung daging, ikan dan telur dia juga tidak diperbolehkan makan makanan yang mengandung jamur (termasuk produk fermentasi), bawang-bawangan, tidak boleh terlalu banyak gula, kopi serta teh. Vegetarian penuh seperti ini biasanya dilakukan untuk tujuan spiritual. Beberapa bahan makanan dan minuman yang disebutkan tadi bisa memicu nafsu, emosi berlebihan dan kegelisahan sehingga jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan menyulitkan seseorang untuk fokus berkonsentrasi dalam menjalani prosesi jalan spiritualnya. Sebagian besar penganut agama Buddha dan juga aliran-aliran mistis spiritual menjalani hidup sebagai vegetarian penuh seperti ini.

Di dalam dunia spiritual diyakini bahwa kesehatan fisik sangat mempengaruhi kesehatan dan keseimbangan spiritual dan mental maka dari itu untuk mempermudah pencapaian pencerahan maka seseorang sangat disarankan untuk menjalani diet vegetarian.

Beberapa bulan ini saya telah menjalani hidup sebagai seorang vegetarian penuh. Saya merasakan kedamaian hati dan pikiran, gejolak emosi dan kemarahan dengan mudah saya kendalikan. Pada awalnya memang sangat sulit karena ketika saya hendak membeli makanan kebanyakan mengandung daging, ayam dan ikan bahkan sayuran matang pun banyak mengandung bawang-bawangan. Saya melakukan diet vegetarian bukan karena takut dosa dan mencari pahala namun lebih banyak disebabkan oleh kesadaran dan dorongan kuat agar saya lebih mudah mencapai suatu keseimbangan mental dan spiritual. Manfaat menjadi vegetarian sudah banyak saya rasakan salah satunya yang menyolok adalah perubahan suasana hati, emosi dan kemarahan menjadi lebih stabil serta pandangan pikiran dan mata batin saya pun menjadi lebih tajam.

Menjadi vegetarian juga bisa mengurangi dampak terkena kanker. Beberapa tokoh terkenal dunia juga ada yang menjadi vegetarian contohnya : Einstein dan Steve Jobs (pendiri Apple). Beberapa tahun sebelum kematian Steve Jobs, dia sudah menjadi seorang vegetarian penuh. Meskipun dia meninggal disebabkan oleh kanker hati namun menurut pandangan saya dia menderita kanker lebih banyak disebabkan oleh gaya hidupnya di masa muda serta ada bakat genetik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s