Konsumsi Daging Dunia


Pertambahan penduduk dunia dan meningkatnya kemakmuran mengakibatkan permintaan akan daging semakin tinggi. Produksi daging dunia meningkat 4 kali lipat dari 44 juta ton pada tahun 1950 menjadi 195 juta ton pada tahun 1996. Sebagai contoh : RRT(Republik Rakyat tiongkok) dan India, dua negara yang sebelumnya dikenal dengan latar belakang tradisinya yang banyak mengkonsumsi sayuran telah berubah menjadi negara yang konsumsi dagingnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Produksi daging juga ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Pada tahun 1993, RRT masih mengekspor 8 juta ton hasil padi-padian, tapi pada tahun 1995, hanya dua tahun setelahnya, RRT menjadi pengimpor 16 juta ton padi-padian untuk memenuhi peningkatan industri peternakannya yang meningkat sangat pesat. sungguh tidak akan pernah cukup hasil pertanian kita untuk memenuhi permintaan dan industri yang satu ini. Padahal peningkatan industri ini juga terus membawa serta kerusakan maha dasyat bersamanya.Sekedar mengingatkan apa yang telah dibahas di bagian Vegetarian & Lingkungan, 80% dari penggundulan hutan Amazon digunakan untuk sektor peternakan.

 

Bagaimana cara penggunaan tanah yang paling efisien untuik memberi makan penghuni planet kita dengan segala keterbatasan sumber dayanya? Simaklah tabel berikut ini :
1 Hektar tanah menghasilkan :
-Kentang untuk 22 orang
-Beras untuk 19 0rang
-Daging Kambing untuk 2 orang
-Daging Sapi untuk satu orang

Fakta lain : Dibutuhkan 8 kg gandum hanya untuk menghasilkan 1kg daging sapi! 7 kg yang terbuang dalam proses penggemukan sapi tersebut seharusnya dapat digunakan untuk memberi makan lebih banyak orang🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s