Vegetarian Perlukah Gizi lebih ? Perlukah Suplemen ?


Pertanyaan:

Sebagai vegetarian, apakah kita perlu mengkonsumsi berbagai vitamin, karbohidrat, protein dll, dalam jumlah yang lebih banyak? Berapa gramkah sehari? Bagaimana mengatur keseimbangan makanan vegetarian ?

Jawab

Kebutuhan berbagai unsur gizi yang diperlukan tubuh harus dipenuhi dalam keadaan cukup untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Satu saja yang kurang akan menyebabkan gangguan proses tersebut. Hal ini berlaku baik bagi yang veg­etarian maupun yang non vegetarian. Kebutuhan gizi yang dianjurkan untuk mempertahankan kesehatan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Jumlah kebutuhan ini tentu saja berlaku bagi orang yang sehat. Bagi penderita penyakit tertentu, jumlah kebutuhan gizi akan berbeda. Baik yang bervegetaris maupun yang tidak bervegetaris, jumlah zat gizi yang dibutuhkan adalah sama. Jadi sebagai veg­etarian, Saudara tak perlu mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak. Yang menjadi masalah adalah berapa jumlah makanan yang harus kita makan agar semua unsur zat gizi dapat terpenuhi. Di sinilah kita perlu mengatur keseimbangan makanan yang kita makan sehingga jumlah zat gizi yang satu tidak kurang atau melebihi yang lain.

Keseimbangan makanan yang kita makan ibarat sebuah piramida (lihat gambar). Sebagai dasar piramid adalah kelompok makanan palawija, padi-padian, sereal. Kelompok ini terutama sebagai sumber kalori. Kelompok di atasnya adalah kelompok sayur-sayuran dan buah-buahan. Kelompok kedua ini terutama sebagai sumber vitamin dan mineral. Kelompok pal­ing atas adalah kelompok lauk pauk (tahu, tempe, kacang-kacangan, telur) dan susu. Kelompok ini terutama mengandung protein dan lemak. Sesuai dengan gambaran piramida ini, kelompok pada dasar piramida dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibanding kelompok di atasnya. Semakin ke puncak, jumlah yang kita makan semakin sedikit. Dengan gambaran ini, mudah-mudahan Saudara dapat menyusun menu yang seimbang dan sehat🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s