Anda berada di : Home Apakah Vegetarian Menyebabkan Kekurangan Vitamin B12?


Vitamin B12 atau Cyanocobalamine merupakan salah satu vitamin B yang berguna untuk membentuk sel darah merah, melindungi lapisan myelin yang membungkus urat saraf, mempengaruhi pertumbuhan dan kesuburan, dan membantu pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat. Walaupun kelihatannya vitamin ini mempunyai fungsi seabrek, tetapi hanya sedikit saja jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu 2,5 – 3,0 mikrogram perhari. Namun demikian vitamin B12 harus tetap ada dalam tubuh kita. Memang harus diakui bahwa vitamin B12 banyak terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan seperti hati, ikan, otak, jantung, susu dan kuning telur. Tapi bukan berarti kebutuhan akan vitamin B12 itu tidak dapat dipenuhi bagi yang vegetarian. Bagi lacto ovo atau lacto vegetarian (yang masih mengkonsumsi susu dan telur), tentu tidak kesulitan untuk mendapatkan vitamin B12 karena dengan mengkonsumsi susu dan telur cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 setiap hari.

Bagaimana dengan vegan murni yang tidak mengkonsumsi susu dan telur? Pada tahun 1977, para ahli telah menemukan bahwa vitamin B12 dapat diproduksi oleh bakteri pada waktu pembuatan tempe dari kacang kedelai. Dalam setiap 100 gr tempe (4 potong tempe ukuran 4x6x1cm) terdapat ± 4 – 5 mcg B12 yang telah melebihi kebutuhan sehari. Dalam setiap butir telur terdapat ± 1 mcg vitamin B12, sedangkan dalam satu gelas susu terdapat ± 1 mcg. Selain itu, sumber vitamin B12 yang lain adalah pertumbuhan bakteri yang terdapat di mulut tenggorokan dan sekitarnya. Lebih dari 0,5 mcg setiap hari dapat diperoleh dari sumber ini.

Karena itu dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu setelah bangun tidur sebelum sikat gigi. Vitamin B12 juga terdapat dalam jumlah yang kecil pada gandum, kacang kedelai, sayuran hijau dan buah-buahan. Juga ditemukan sebagai hasil sintesa mikroorganisme di tanah yang melekat di akar dan batang dari tomat, kangkung, kobis, seledri. Jadi sebenarnya kita tidak perlu khawatir akan kekurangan vitamin B12. Dengan pola konsumsi dan pola hidup yang baik maka kekhawatiran akan kekurangan vitamin B12 tak perlu ada. Perlu diingat, jangan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi (paling banyak 0,5 g per hari). Karena Vitamin C dosis tinggi dapat merusak vitamin B12. Table sumber Vitamin B12 Jenis  1 butir telur 1,0 mcgJmakanan Jumlah Kandungan Vitamin B12 :   1 gelas yoghurtJ 1 gelas keju lunak (vegetarian) 1,2 mcg J(microgram)   1 gelas susu kacang kedelai yang diperkayaJ+ susu bebas lemak 1,0 mcg  Vitamin B12 (mis. Bonus) 4,0 mcg🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s